Corona Pandemik, Ridwan Kamil Sarankan Persib Vs PSS Tanpa Penonton

Yudha Maulana - detikNews
Jumat, 13 Mar 2020 16:33 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Foto: Farhan/detikcom).
Bandung -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyarankan agar laga Persib Bandung Vs PSS Sleman digelar tanpa penonton. Hal itu untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona atau Covid-19.

"Ya, salah satu yang kami rekomendasi. Tentunya kami akan rapatkan dengan kepolisan. Belum bisa saya jawab sekarang. Tapi kalau boleh kasih saran, potensi yang besar itu dihindari," kata Emil saat ditemui di Gedung Sate, Jumat (13/3).

Laga Persib Bandung kontra PSS Sleman akan digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung pada Minggu (15/3/2020). Laga tersebut diprediksi akan menyedot perhatian bobotoh mengingat tren positif yang ditunjukkan Persib dalam dua laga perdananya.

"Di luar negeri juga kan pertandingan liga-liga tanpa penonton. Cukup nobar (nonton bareng) di rumah masing-masing. Tapi dalam satu sampai dua hari ini kita akan ambil keputusan," kata Emil.

Wabah yang teridentifikasi berasal dari Wuhan, China ini memang berdampak pada dunia sepakbola di Eropa. Seperti Serie A di Italia yang ditangguhkan sementara.

Pasalnya, Italia menjadi negara terparah kedua yang terdampak virus corona di dunia. Sampai saat ini, tercatat ada 9.172 kasus dengan angka kematian mencapai 463 sesuai data WHO.

"Kita harus waspada tapi rasional, kita tidak ingin ada ekonomi tiba-tiba terhenti, kita juga siaga ketahanan pangan. Jangan sampai, terutama kaum dhuafa terbebani karena melonjaknya harga," ucapnya.

Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts mengatakan, akibat adanya wabah Corona ini, sejumlah pertandingan terpaksa dibatalkan. "Maka kami harus menjaga para pemain. Seperti tidak bersalaman, dengan wasit juga tidak bersalaman," katanya.

"Dokter tim kami sudah melakukan yang terbaik. Memberikan vitamin, kami tidak dibiarkan melakukan kontak dengan orang lain, dan kami juga harus mengedukasi pemain dan staff dan juga orang di luar untuk melakukan itu," ucap pelatih asal Belanda itu.

Simak Juga Video "WHO Tetapkan Corona Sebagai Pandemi, Apa Langkah Pemerintah?"

[Gambas:Video 20detik]

(yum/mso)