Ngirit Biaya Pemeliharaan, Pemkot Cimahi Lelang Ratusan Motor

Whisnu Pradana - detikNews
Jumat, 13 Mar 2020 13:08 WIB
Pemkot Cimahi lelang ratusan motor untuk menghemat biaya pemeliharaan
Pemkot Cimahi lelang ratusan motor untuk menghemat biaya pemeliharaan (Foto: Whisnu Pradana)
Cimahi -

Pemkot Cimahi akhirnya menjual aset 269 unit sepeda motor melalui lelang online pada awal tahun 2020 ini. Lelang tersebut bekerja sama dengan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL).

Kebijakan penghapusan kendaraan dengan cara dilelang itu dilakukan untuk menghemat biaya pemeliharaan kendaraan, pengeluaran Bahan Bakar Minyak (BBM) dan asuransi.

Kepala Seksi Pemanfaatan dan Penghapusan Barang Milik Daerah pada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Cimahi, Ira Triana mengatakan, awalnya ada 289 sepeda motor plat merah yang akan dihapuskan dengan cara dilelang.

"Ada 10 unit itu tidak terjual karena gagal lelang. Sisa 10 unit lagi itu tidak jadi dilelang soalnya kelengkapan administrasinya seperti BPKB masih kita cari," kata Ira saat ditemui di Pemkot Cimahi, Jumat (14/3/2020).

Dikatakan Ira, dari ratusan aset daerah berupa sepeda motor yang terjual, uang yang didapat dan masuk kas negara mencapai Rp 952.322.047.

"Nilai awal itu hanya target Rp 489.500.000. tapi nilainya jadi besar karena kan lelang itu ada yang menawar dengan harga lebih tinggi," katanya.

Ia menjelaskan, kebanyakan peminat lelang kendaraan plat merah itu berasal dari wilayah Bandung Raya, seperti Kota Cimahi, Kota Bandung, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat (KBB). "Tapi ada juga peminatnya yang dari luar Jawa Barat. Seperti Tegal, Yogyakarta, Aceh hingga Papua," terang Ira.

Peserta yang ikut lelang sendiri sebelumnya hanya cukup mendaftar melalui lelang.go.id, kemudian melakukan penawaran terhadap barang yang diinginkan. Setelah dinyatakan jadi pemenang, peserta harus membayar Down Payment (DP) 50 persen dari harga aset.

Ira melanjutkan, lelang dilakukan terhadap kendaraan yang sudah berumur tujuh tahun sesuai batas pengajuan minimal pelelangan.

"Kendaraannya tidak rusak, tapi ada kebijakan kendaraan berusia 7 tahun dihapuskan. Ada yang rusak paling 15-20 unit. Kemarin harga jual terendahnya Rp 1 juta, paling mahal Rp 5 juta," tandasnya.

(mud/mud)