Berkas Perkara Rangga Cs Sunda Empire Segera Rampung

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Jumat, 13 Mar 2020 12:26 WIB
Raden Rangga
Foto: dokumentasi Misbahul Huda
Bandung -

Polisi tengah melengkapi berkas perkara kasus kemunculan Sunda Empire dengan tersangka Rangga Sasana cs. Dalam waktu dekat, Rangga cs segera diseret ke meja hijau.

"Terkait penyidikan kasus Sunda Empire, perkembangannya sekarang penyidik masih memenuhi permintaan dari jaksa penuntut umum. Jadi berkas masih P19," ucap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Saptono Erlangga Waskitoroso di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Jumat (13/3/2020).

Berkas P19 sendiri artinya masih ada beberapa poin yang perlu diperbaiki. Menurut Erlangga, saat ini penyidik tengah bekerja untuk memenuhi keinginan jaksa atau memperbaiki hal-hal yang dirasa kurang.

"Ya ada beberapa (yang kurang) yang menjadi permintaan. Sudah sebagian kami penuhi," ujarnya.


"Dalam waktu dekat akan segera kami kembalikan apa yang menjadi permintaan dari jaksa penuntun umum," kata Erlangga menambahkan.

Dia berharap agar hal-hal yang dianggap kurang ini bisa dipenuhi. Sehingga, kasus ini segera P21 atau dianggap lengkap untuk segera disidangkan.

"Ya setelah berkas kami kirimkan kembali, dengan jaksa tentu kami menunggu dari jaksa penuntut umum, apabila sudah P21 tentu dari kejaksaan akan menyampaikan," tuturnya.

Polisi menjerat Rangga dengan Pasal 14 dan 15 Undang-undang nomor 1 tahun 1946 tentang penyebaran berita bohong yang menimbulkan keonaran. Selain Rangga, polisi juga menetapkan tersangka terhadap Nasri Banks sang Perdana Menteri dan Rd Ratna Ningrum selaku kaisar atau ibunda ratu agung.

Simak video Pengakuan Rangga dari Balik Jeruji, Masih Jadi Jenderal NATO:

[Gambas:Video 20detik]



(dir/ern)