Jejak Kina di Indonesia, Tanaman yang Disebut Ridwan Kamil Obat Corona

Yudha Maulana - detikNews
Kamis, 12 Mar 2020 21:59 WIB
Taman Junghuhn
Taman Junghuhn di Lembang, Kabupaten Bandung Barat. (Yudha Maulana/detikcom)
Bandung -

Kina disebut-sebut bisa menjadi penawar ampuh bagi pasien yang terjangkit virus Corona (COVID-19). Kabar itu muncul setelah tim pakar Tiongkok melakukan uji klinis dengan memberikan klorokuin fosfat, kepada pasien COVID-19 yang berada di lebih dari 10 rumah sakit di Cina. Hasilnya pun menunjukkan indikasi kesembuhan yang positif.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendorong agar akademisi dan lembaga turut melakukan riset untuk mencari obat bagi Corona. "Saya mendengar kabar baik ini kalau bahan untuk obat Corona itu ada di Indonesia, tepatnya di Jawa Barat. Saya akan lihat kajiannya, sudah sejauh mana," kata Emil, sapaannya, di Bandung, Rabu (11/3/2020).

Guru Besar Bidang Farmakologi dan Farmasi Klinik Universitas Padjajaran (Unpad) Keri Lestari mengatakan sedianya klorokuin sudah sejak lama digunakan untuk mengobati malaria. "Klorokuin itu berdasarkan hasil riset di Cina, di Wuhan dengan klorokuin menunjukan adanya perbaikan," katanya saat dihubungi wartawan.

Klorokuin fosfat merupakan obat sintetis yang memiliki kandungan yang ada dalam kina. Kedua obat ini ampuh dalam menanggulangi infeksi parasit yang menyebabkan malaria di aliran darah.

Tanaman herbal yang memiliki nama ilmiah Cinchona ini memang sejak lama digunakan untuk mengobati malaria. Pada abad ke-17, nyamuk malaria menjadi momok di Hindia Belanda, terutama Batavia.

Konon pemberian nama tumbuhan ini pun diambil dari nama seorang putri kerajaan sekaligus istri dari seorang raja muda Peru, yaitu putri Chinchon. Ia kemudian bisa disembuhkan dengan ramuan dari kina ini.

Setidaknya antara 1714-1767 atau lima dekade lamanya, 72.816 penduduk Eropa di Batavia meninggal karena penyakit malaria. Alhasil, julukan 'Kuburannya Negeri Timur' sempat tersemat ke Hindia Belanda, karena wabah malaria sulit ditekan.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2