Gubernur Banten Sebut Jumlah Warga Positif Corona Jadi 4 Orang

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Kamis, 12 Mar 2020 21:38 WIB
Gubernur Banten Wahidin Halim
Gubernur Banten Wahidin Halim (Foto: Bahtiar Rifa'i/detikcom)
Serang -

Gubernur Banten Wahidin Halim mengungkapkan warganya yang positif virus Corona menjadi empat orang. Jumlah tersebut merupakan laporan dari Dinas Kesehatan Banten.

"Dalam perkembangan terakhir sudah ada empat warga Banten terkena positif Corona. Mereka ini baru saja melakukan perjalanan, tiga orang (perjalanan) dari Malaysia dan satu dari Bali," kata Wahidin, Kamis (12/3/2020).

Hal ini, lanjut dia, berdasarkan data terbaru yang perlu disampaikan ke masyarakat Banten. Para warga yang terjangkit dirawat di RSPI Sulianti Saroso dan RS Persahabatan yang menjadi rujukan bagi penderita positif Corona.

Dalam keterangannya, Wahidin juga mengimbau masyarakat agar menghindari tempat-tempat pertemuan dan keramaian. Ia meminta masyarakat tidak melakukan perjalanan ke negara yang terkena wabah virus Corona.

"Saya berharap agar masyarakat tidak panik dan tetap waspada, serta selalu menjaga kesehatan, mencuci tangan dengan sabun, konsumsi gizi seimbang, istirahat yang cukup dan selalu berolah raga," ujar Wahidin.

Sekadar diketahui, UU RI Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan menjelaskan soal pemerintah daerah dapat mengumumkan jenis dan persebaran penyakit menular. Sebagaimana dalam Pasal 155 ayat 1 yang menyatakan, "Pemerintah daerah secara berkala menetapkan dan mengumumkan jenis dan persebaran penyakit yang berpotensi menular dan/atau menyebar dalam waktu yang singkat, serta menyebutkan daerah yang dapat menjadi sumber penularan."

(bri/bbn)