Gadis Cianjur yang Meninggal di Saudi Berangkat Ilegal

Ismet Selamet - detikNews
Kamis, 12 Mar 2020 20:02 WIB
TKW Gadis Cianjur Meninggal di Arab
Cucun memperlihatkan foto anaknya, Esa Sulastri, semasa hidup. Esa dipulang dari Arab Saudi dengan kondisi sudah menjadi mayat. (Ismet Selamet/detikcom)
Cianjur -

Esa Sulastri (21), warga Cianjur, Jawa Barat, yang meninggal dunia di Jeddah, Arab Saudi, ternyata berangkat melalui jalur nonprosedural atau ilegal. Hal tersebut diungkapkan Disnakertrans Kabupaten Cianjur.

Kabid Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Disnakertrans Kabupaten Cianjur Ricky Ardhi Hikmat mengatakan data Esa tidak ada dalam Sistem Komputerisasi Tenaga Kerja Luar Negeri (SiskoTKLN). Sehingga dipastikan pemberangkatan Tenaga Kerja Wanita (TKW) tidak melalui jalur resmi.

Selain itu, waktu keberangkatan Esa pada September 2019 pun menjadi salah satu bukti jika pemberangkatan secara nonprosedural, mengingat pemerintah masih memberlakukan moratorium pemberangkatan TKI ke Timur Tengah. "Berangkat nonprosedural, tidak ada di data SiskoTKLN. Berangkatnya juga ke negara yang dimoratorium," ujar Ricky kepada detikcom, Kamis (12/3/2020).

Ricky mengaku pihaknya sudah mendatangi keluarga dari Esa. Meski merupakan TKW ilegal, Disnaker bakal mengupayakan hak dari Esa jika ada yang belum terpenuhi. "Tetap kami akan bantu kaitan hak-haknya. Kami juga bakal melacak sponsor yang memberangkatkan Esa ke Timur Tengah, untuk mencegah adanya pemberangkatan TKW secara nonprosedural," ucap Ricky.

Cucun (42), ibu Esa, curiga anaknya diberangkatkan oleh sponsor asal Sukabumi tidak melalui jalur resmi. Sebab proses pemulangan memakan waktu hingga 2,5 bulan, sedangkan seharusnya dalam waktu dua minggu jenazah sudah bisa tiba di rumah duka.

"Kabar meninggal 1 Januari, baru dipulangkan Selasa (10/3). Lamanya pemulangan 2,5 bulan. Saya juga menduga ini tidak resmi atau ilegal. Tapi di luar itu, saya berharap ada perhatian dari semua pihak, terutama pemerintah terkait penyebab pasti kematian anak saya," kata Cucun.

Selanjutnya
Halaman
1 2