Gambaran Dampak Virus Corona bagi Perekonomian Banten

Bahtiar Rifa - detikNews
Kamis, 12 Mar 2020 16:00 WIB
ilustrasi corona
Foto: ilustrasi corona
Serang -

Kantor Bank Indonesia (BI) Perwakilan Banten memprediksi ada dampak virus Corona bagi perekonomian Banten. Khususnya untuk sektor konsumsi, investasi, transportasi dan industri pengolahan.

Kepala Perwakilan BI Banten Erwin Soeriadimadja mengatakan pertumbuhan ekonomi di Banten pada 2020 diperkirakan mencapai 5,4-5,8 persen. Namun, dengan isu penyebaran Corona perlu ada kalkulasi ulang khususnya dampak secara domestik.

"Kita sedang mempelajari bagaimana dampak terhadap perekonomian di Banten, sekarang kita menghitung ulang outlook Banten secara keseluruhan mempertimbangkan domestik dan global," kata Erwin di Jl.Serang-Pandeglang, Banten, Kamis (12/3/2020).

Yang terdampak misalkan dari sisi konsumsi. Dimungkinkan ada penurunan angka proyeksi ekspektasi konsumsi karena penyebaran virus ini.

Kemudian, diperkirakan ada penundaan investasi dari negara terdampak seperti China. Nilai investasi negara ini di Banten mencapai US$ 0,42 miliar.

"Diperkirakan bukan tidak mungkin potensi penundaan ada, ini jadi faktor menahan laju investasi di Banten," ujarnya.

Namun, investasi yang sudah ada khususnya yang tidak terkait dengan bahan baku China akan terus berlanjut. Oleh sebab itu, perlu ada kemudahan untuk mendorong investasi.

Ketiga, dampak Corona juga bisa mempengaruhi pada penurunan transportasi dan akomodasi. Sejauh ini, ada penutupan rute penerbangan di Bandara Soetta yang juga berpengaruh ke Banten. Jumlah uang yang dikeluarkan oleh penumpang dan okupansi hotel bisa lebih sedikit.

Industri elektronik juga dimungkinkan terganggu akibat corona khususnya yang mendapatkan bahan baku dari China. Namun di samping itu, ada juga industri yang justru dimungkinkan mendapat keuntungan seperti industri alas kaki. Ini terjadi karena ada peralihan pesanan dari China ke Indonesia.

"Jadi kita kalkulasi ulang dengan melihat dampak ke konsumsi, investasi, transportasi dan industri pengolahan," kata Erwin.

Kantor Bank Indonesia (BI) Perwakilan Banten memprediksi ada dampak virus Corona bagi perekonomian Banten.

Simak video Dua Pasien Corona di RSPI Butuh Pendamping Psikolog:

[Gambas:Video 20detik]



(bri/bbn)