Obat Malaria Cegah Corona, Ridwan Kamil Minta Kampus di Jabar Menelitinya

Yudha Maulana - detikNews
Kamis, 12 Mar 2020 15:17 WIB
Ridwan Kamil
Foto: Mukhlis Dinillah
Bandung -

Klorokuin Fosfat yang selama ini dikenal sebagai obat malaria, menjadi secercah harapan untuk bisa mengobati pasien yang terinfeksi Virus Corona atau Covid-19.

Dari hasil studi riset yang dilakukan di Tiongkok dan Amerika, pasien Corona di Wuhan dinyatakan sembuh dan mengalami perbaikan kondisi tubuh setelah diuji klinis dengan diberikan klorokuin.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendorong universitas untuk melakukan riset praktis terkait ini, pasalnya pada klorokuin terdapat kandungan yang sama dengan kina yang tumbuh subur di Jabar.

Ridwan Kamil mengaku sudah berdiskusi Guru Besar Unpad bidang farmakologi Keri Lestari terkait klorokuin ini. "Klorokuin ini bisa menghambat pertumbuhan dan memblokade virus Corona ini," katanya.


Ia pun sudah menyampaikan terkait temuan ini ke pemerintah pusat, namun masih perlu langkah klinis untuk meyakinkan hal itu.

"Klorokuin ini punya potensi yang luar biasa, hanya belum menjadi mainstream, saya imbau bagi universitas di Jabar, salah satunya Unpad untuk meyakinkan lagi dengan bukti empirik bahwa itu adalah obat (Corona)," katanya.


Pohon kina sendiri berasal dari benua Amerika, hingga akhirnya pada 1856 ahli botani Belanda Franz Wilhelm Junghuhn, menebar kina di Cibodas (Bogor), Pangalengan (Kabupaten Bandung), Lembang (KBB) dan sejumlah wilayah di Jabar lainnya.

Simak Juga Video "Cegah Corona di Jakarta, Pemprov Bentuk Tim Review Perizinan"

[Gambas:Video 20detik]

(yum/ern)