Cegah Corona, Ridwan Kamil Usul 'Salam Sunda' Gantikan Jabat Tangan

Yudha Maulana - detikNews
Kamis, 12 Mar 2020 14:35 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Ridwan Kamil (Mukhlis Dinillah/detikcom)
Bandung -

Untuk mencegah penyebaran virus Corona pandemik atau COVID-19, Gubernur Jabar Ridwan Kamil mencanangkan 'Salam Sunda' buat menggantikan jabat tangan untuk sementara waktu.

Salam Sunda yang dimaksud ini adalah mempertemukan kedua telapak tangan di dada saat hendak berinteraksi dengan orang lain. Mirip seperti salam namaste India.

Hal itu dikatakan Kang Emil merujuk pada protokol dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menganjurkan mengurangi kontak fisik.

"Sesuai arahan WHO, kita harus mengurangi bertemu dengan berjabat tangan, termasuk cipika-cipiki. Kira-kira begitu, cukup 'Salam Sunda', tangan seperti Lebaran, rasa sopan masih ada tapi tak mengurangi rasa persahabatan dan pertemanan," ujar Kang Emil di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (12/3/2020).

Cara berinteraksi ini, ujar Kang Emil, dianjurkan untuk pertemuan skala besar dan dunia pendidikan. "Akan kami sampaikan," katanya.

Sementara itu, tren salam siku juga muncul setelah sejumlah pejabat tinggi dunia menyoroti potensi penularan virus Covid-19, yang kini ditetapkan WHO sebagai pandemi.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko pun menilai upaya tersebut bagus."Ya saya pikir itu cara bagus karena intinya kita sama-sama tidak tahu kalau memasuki area. Kalau salaman ada risiko, tapi kalau dengan cara-cara begini, nggak ada yang tersinggung walaupun agak lucu-lucuan, tapi itu bagus," ujar Moeldoko di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (12/3/2020).

Simak Juga Video "Cegah Corona di Jakarta, Pemprov Bentuk Tim Review Perizinan"

[Gambas:Video 20detik]



(yum/mud)