Ridwan Kamil Imbau Warga Sukabumi-Cianjur Waspada Gempa Susulan

Siti Fatimah - detikNews
Kamis, 12 Mar 2020 13:28 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil imbau warga Sukabumi-Cianjur tetap waspada gempa
Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Siti Fatimah/detikcom)
Bandung -

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengimbau masyarakat yang terdampak gempa di wilayah Sukabumi dan Cianjur tetap waspada. Menurutnya, gempa susulan masih bisa terjadi di daerah yang berdekatan.

"Gempa itu biasanya menjadi pemicu daerah lain yang tidak terlalu jauh," katanya saat ditemui di Gedung Sate, Kota Bandung, pada Kamis (12/3/2020).

Pihaknya melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) telah berkoordinasi untuk membuat berita siaga di daerah-daerah yang rawan gempa.

"Persis seperti itu pola ilmiahnya, antara yang sudah terjadi kita bantu melalui BPBD, logistik tanggap darurat sambil membantu membangun kembali rumah, tapi juga menyiapkan daerah lain agar bersiap jika terjadi gempa susulan." tuturnya.

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu mengatakan, berdasarkan laporan yang diterimanya, saat ini tidak ada korban jiwa. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan pemda dalam penanganan bencana tersebut.

"Seperti yang saya katakan, penanganan pertama bencana di Jawa Barat oleh tim wilayah, dalam hal ini bupati. Jika mengalami kendala, tim dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) akan turun," katanya.

Dia mengatakan data kerusakan yang sudah ia terima ada sekitar 300 lebih rumah dengan kondisi kerusakan ringan, "Kalau hari ini data sudah masuk gempa di Sukabumi berikan dampak 300-an rumah, tapi mayoritas rusak ringan," Katanya.

Sekedar diketahui, gempa 4,9 M terjadi di Sukabumi pada Selasa (10/3/2020) disusul 3,7 M di Cianjur pada Rabu (11/3/2020). Berdasarkan data yang dihimpun detikcom, gempa Cianjur terasa hingga Kabupaten Bandung Barat meliputi Cipatat dan Cipeundeuy dan dua rumah dilaporkan mengalami kerusakan.

Simak Juga Video "Tinjau Lokasi Gempa, Bupati Sukabumi Salurkan Bantuan"

[Gambas:Video 20detik]

(mud/mud)