3 Bulan Kerja di Arab Saudi, Gadis Cianjur Pulang Jadi Mayat

Ismet Selamet - detikNews
Kamis, 12 Mar 2020 09:03 WIB
TKW Gadis Cianjur Meninggal di Arab
Cucun memperlihatkan foto anaknya, Esa Sulastri, semasa hidup. Esa dipulang dari Arab Saudi dengan kondisi sudah menjadi mayat. (Ismet Selamet/detikcom)
Cianjur -

Baru bekerja tiga bulan di Arab Saudi, Esa Sulastri (21), warga asal Kampung Tipar, RT 2 RW 4, Desa Neglasari, Kecamatan Bojongpicung, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, pulang ke kampung halaman dalam kondisi tak bernyawa. Pihak keluarga mempertanyakan penyebab pasti kematian anak kedua dari tiga bersaudara yang mayatnya tiba di Tanah Air pada Selasa (10/3) sore itu.

Esa berangkat menjadi tenaga kerja wanita (TKW) ke Timur Tengah, tepatnya ke Jeddah, Arab Saudi, pada September 2019. Mantan buruh pabrik di kawasan Sukabumi itu bekerja ke luar negeri untuk membantu ekonomi keluarga dan membiayai adiknya yang masih duduk di bangku SMP.

Kabar kematian gadis tersebut diterima keluarga pada awal Januari 2020. Cucun (42), ibu kandung Esa, mengaku mendapat kabar itu bukan dari pihak sponsor yang memberangkatkan anaknya, melainkan dari saudara dan tetangganya.

"Kabarnya meninggal tanggal 1 Januari, tapi tidak ada yang datang memberitahukan secara langsung. Saya tahu dari saudara kalau anak saya meninggal," tutur Cucun saat ditemui di rumahnya, Kamis (12/3/2020).

Cucun mengaku sempat tidak percaya anaknya meninggal setelah beberapa bulan bekerja di Arab Saudi. Apalagi beberapa hari sebelum meninggal, dia masih menelepon hingga video call.

"Iya tidak percaya (meninggal), kalau nggak salah 29 Desember 2019 saya video call dengan Esa. Dia masih bilang kerjanya nyaman, tidak mengeluhkan sakit," kata Cucun seraya meneteskan air mata.

Selanjutnya
Halaman
1 2