465 Rumah Rusak di Sukabumi Akibat Gempa M 4,9

Syahdan Alamsyah - detikNews
Rabu, 11 Mar 2020 23:20 WIB
SD di Sukabumi Ambruk Akibat Gempa
Bangunan rusak akibat gempa di Sukabumi (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom).
Sukabumi -

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi kembali merilis jumlah kerusakan akibat gempa berkekuatan M 4,9 yang terjadi pada Selasa (10/3/2020). Data terbaru, 465 rumah rusak yang tersebar di 6 kecamatan.

Berdasarkan data yang diterima detikcom sebanyak 60 rumah mengalami rusak berat, 150 rumah rusak sedang dan 255 rumah rusak ringan. Kerusakan terjadi di Kecamatan Parakansalak, Kalapanunggal, Kabandungan, Cidahu, Warungkiara dan Cikidang.

Untuk sementara kerugian diperkirakan mencapai Rp 578 juta. Sementara jumlah kepala keluarga yang terdampak mencapai 547 dengan jumlah jiwa 1.032 orang.

"Data masih sementara, dari lapangan masih terus masuk. Untuk tenda ada 6 yang sudah disiapkan," kata Kasi Kedaruratan, BPBD Kabupaten Sukabumi Eka Widiaman, Rabu (11/2/2020).

Sementara itu, hingga sekitar pukul 22.02 WIB, tenda pengungsian di Kampung Jayanegara, Desa/Kecamatan Kabandungan yang dipersiapkan oleh BPBD terlihat sepi. Warga memilih untuk mengungsi di kediaman tetangganya yang tidak terkena dampak gempa.

Ketua RW 03, Taufik Mansyur mengungkap saat ini warga di RW nya berharap posisi tenda bisa di geser ke wilayahnya karena banyak warga di lokasi tersebut memilih berada di luar rumah.

"Warga di wilayah Cimanggu sebagian di luar, sebagian bermukim di tetangga. Harapannya memang disediakan tenda di tempat ini, karena banyak yang kondisinya masih merasa takut pasca kejadian gempa kemarin," ujarnya.

(sya/mso)