Bawaslu Banten Janji Usut Tuntas Kades-PNS Pandeglang Dukung Petahana

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Rabu, 11 Mar 2020 15:20 WIB
Anggota Bawaslu Banten, Badrul Munir.
Komisioner Bawaslu Banten Badrul Munir (Foto: Bahtiar Rifa'i/detikcom/detikcom)
Serang -

Bawaslu Banten berjanji Bawaslu Banten berjanji mengusut tuntas dugaan pelanggaran terkait maraknya video dukungan PNS dan kepala desa di Pandeglang. Bawaslu juga meminta jajaran di wilayah tersebut menyelesaikan perkara ini sampai tuntas.

"Iya, Bawaslu provinsi mendorong Bawaslu Pandeglang dalam menangani maraknya dukungan PNS-kades ke calon tertentu," kata Komisioner Bawaslu Banten Badrul Munir kepada detikcom di Serang, Rabu (11/3/2020).

Jajaran Bawaslu di Pandeglang sudah bergerak menelusuri informasi terkait video diduga kepala desa dan PNS yang mendukung petahana. Berdasarkan penelusuran, pihaknya sudah mengidentifikasi siapa saja kepala desa yang melakukan deklarasi dukungan. Termasuk di video yang diduga ada belasan kepala desa.

"Sampai saat ini telah teridentifikasi baik pihak yang hadir, lokasi maupun waktu kejadian," ujar Munir menegaskan.

Ada 3 video jelang Pilkada 2020 yang berisi dugaan pelanggaran pemilu. Ketiga video ini berisi dukungan kepala desa dan PNS yang mendukung petahana Irna Narulita.

Sejauh ini, Bawaslu Pandeglang sudah melayangkan surat panggilan kepada PNS dan kepala desa Palurahan dan Mandalasari serta satu PNS di lingkungan Kecamatan Kaduhejo. Total ada 7 orang yang akan dimintai keterangan.

(bri/bbn)