10 Ribu Anak Ayam Program 'Aki Bagi' Siap Dibagikan di Bandung

Siti Fatimah - detikNews
Senin, 09 Mar 2020 14:55 WIB
Wali Kota Bandung Oded M Danial
Wali Kota Bandung Oded M Danial bersama siswa SD yang memelihara ayam. (Foto: Siti Fatimah/detikcom)
Bandung -

Pemkot Bandung siap membagikan 10 ribu anak ayam tahun ini untuk melanjutkan program Aktif, Kolaboratif dan Integratif Bandung Masagi (Aki Bagi).

"Kemarin kita baru percobaan ke dua kecamatan, tahun 2020 akan lebih berkembang lagi. Makanya sekarang juga hadir 56 kepala sekolah. Dan mereka menyatakan siap menerima," ujar Kepala Dispangtan Kota Bandung Gin Gin Ginanjar dalam acara Chicken Fair 'Aki Bagi' di Alun-alun Ujungberung, Kota Bandung, Senin (9/3/2020).

Menurut Gin Gin, ayam yang akan dibagikan bersumber dari budidaya dan produksi telur ayam sendiri. Penyebaran program 'Aki Bagi' ini akan dilakukan secara bertahap.

"Selanjutnya akan disebar ke beberapa sekolah tidak hanya bagian timur saja. Paling tidak ada keterwakilan dari wilayahnya. Kita perkirakan April dan Mei mulai dibagikan secara bertahap," ucap Gin Gin.

Ia menjelaskan target pemeliharaan ayam masih untuk sekolah-sekolah serta para siswa dengan bimbingan guru dan keluarga. Menurutnya, program ini dapat membawa perubahan karakter anak sejak dini dan mengembangkan ketahanan pangan keluarga.

"Salah satunya perubahan yang terjadi pada anak mengurangi penggunaan gawai, mencari informasi soal memelihara ayam dan tumbuh sikap tanggung jawab, tumbuh sikap menghargai guru, keluarga, dan teman. Dalam hal ini Dinas Pendidikan secara detail telah melakukan evaluasi," tutur Gin Gin.

Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengapresiasi para siswa yang dapat memelihara ayam dengan baik dilihat dari kondisi dan berat bobot ayam.

"Rata-rata satu kilo, bahkan tadi ada yang sampai dua kilo," ujarnya.

Ia pun mengamini akan melanjutkan program 'Aki Bagi' melalui dinas-dinas terkait seperti Dinas Pendidikan serta Dinas Pangan dan Pertanian. Oded berharap keberhasilan dalam mengelola dan mengurus anak ayam dapat menggapai tujuan 'Aki Bagi'.

"Karena edukasi ini, anak-anak dapat cerdas tidak hanya intelektual, tapi juga cerdas secara emosional dan sosial, sasaran Mang Oded pasti dalam pembentukan karakter tadi," kata Oded.

Sekadar diketahui, Pemkot Bandung sudah membagikan 2.000 ayam kepada 1.046 siswa di 12 sekolah dan dua kecamatan yaitu Gedebage dan Cibiru. Selain membagikan anak ayam untuk siswa lelaki, Oded juga memberikan bibit cabai kepada siswi perempuan.

(bbn/bbn)