Cegah Corona, Bandara Husein Setop Penerbangan ke Singapura-Kuala Lumpur

Yudha Maulana - detikNews
Selasa, 03 Mar 2020 22:02 WIB
Bandara Husein Sastranegara
Bandara Husein Sastranegara Bandung. (Foto: Mochamad Solehudin/detikcom)
Bandung -

Bandara Husein Sastranegara sementara waktu menghentikan dua penerbangan internasional. Hal itu dilakukan sebagai upaya pencegahan merebaknya virus Corona (Covid-19).

General Manager Husein Sastranegara Andika Nuryaman mengatakan dua penerbangan itu tujuan ke Singapura dan Malaysia. Penghentian sementara ini diberlakukan mulai Selasa (3/3). Alasan lainnya, penerbangan ke dua destinasi tersebut sepi penumpang.

"Tujuannya (yang dihentikan sementara) Singapura dan Kuala Lumpur. Karena wabah virus Corona ya, jadi penyebabnya (sedikit penumpang) itu," kata Andika.

Pemeriksaan kesehatan di Bandar Udara Husein Sastranegara juga diperketat untuk mencegah masuknya penumpang penerbangan internasional yang terjangkit virus Corona ke Kota Bandung. Hal itu dilakukan menyusul surat edaran dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara yang ditujukan untuk 18 pihak, termasuk Kepala Kantor Otoritas Bandara I hingga X, juga kepada Direktur Utama PT Angkasa Pura I dan II.

Andika mengatakan saat ini pihaknya telah menetapkan prosedur pemeriksaan khusus bagi karyawan internal atau eksternal yang berada di lingkungan Husein Sastranegara. "Untuk internalnya, para pekerja akan kita periksa suhu tubuhnya sebelum mulai bekerja, hal itu dilakukan untuk mengetahui suhu tubuh mereka apakah sakit atau tidak, walau kita harapkan tidak kenapa-kenapa ya," ujar Andika.

Bila ada pekerja yang terdeteksi mengalami anomali suhu hingga lebih dari 38 derajat Celsius, petugas dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandung akan melakukan observasi. Selain itu, kata Andika, fasilitas hand sanitizer akan diperbanyak di sejumlah titik di bandara. Termasuk di tenant-tenant.

"Hand sanitizer dan masker kami siapkan, seluruh petugas front liner kami siapkan," ucap Andika

Layar pemantau suhu panas pun akan dipasang di beberapa titik, hal itu memastikan agar penumpang bisa melihat hasil pindai suhu tubuh mereka secara langsung.

(bbn/bbn)