Ridwan Kamil Pastikan Pasien Meninggal di Cianjur-Sukabumi Negatif Corona

Yudha Maulana - detikNews
Selasa, 03 Mar 2020 20:28 WIB
Ridwan Kamil pastikan pasien meninggal di Sukabumi-Cianjur negatif Corona
Ridwan Kamil (Foto: Yudha Maulana)
Bandung -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menegaskan kematian pasien asal Sukabumi berinisial T (57) bukan disebabkan karena virus Corona, begitu juga dengan pasien yang meninggal dunia di Cianjur.

Sebelumnya, ujar pria yang karab disapa Kang Emil itu, T dan suaminya S(58) mengeluhkan sesak, batuk dan pilek sepulang pulang ibadah umoh dan transit di Abu Dhabi. Karena keluhan itu, sepulangnya ke Indonesia mereka dirawat di RSUD R Syamsudin pada Minggu (1/3/2020).

Keduanya bahkan diisolasi di rumah sakit tersebut. Namun, selang beberapa waktu, T meninggal dunia. Sedangkan suaminya dinyatakan sembuh meski masuk kategori dalam pemantauan.

"Saya sudah cek kemarin lewat Wali Kota Sukabumi juga ya, yang secara teknis di lapangan hasilnya itu negatif itu bukan dari virus Corona. Tapi meninggalnya betul," kata dia di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Selasa (3/3/2020).

Ia pun memastikan pasien asal Cianjur berinisial D (50) meninggal dunia bukan karena virus Corona.

Kendati demikian, Kang Emil tidak bisa merinci riwayat penyakit yang dimiliki oleh T. Pasalnya, hal itu akan melanggar kode etik kesehatan.

"Untuk riwayat penyakit dan penyebab meninggal dunia tidak bisa diungkap. Identitas dan tempat tinggal juga tidak bisa saya ungkap. Kita harus hargai pihak keluarga," ujar Kang Emil.

Simak Video "Hasil Uji Spesimen Karyawan Amigos Keluar Satu Minggu"

[Gambas:Video 20detik]



(mud/mud)