Tim KKP Bandung Sterilisasi Pesawat Pengangkut 69 ABK Diamond Princess

Sudirman Wamad - detikNews
Selasa, 03 Mar 2020 15:24 WIB
Pesawat yang mengangkut 69 WNI ABK Dimaond Princess tiba di Bandara Kertajati
Pesawat yang membawa rombongan 69 WNI ABK Diamond Princess. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Majalengka -

Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) mensterilkan pesawat yang membawa rombongan 69 Warga Negara Indonesia (WNI) anak buah kapal (ABK) Diamond Princess di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka.

Sanitarian KKP Kelas II Bandung Bayu Sabdo Kusumo mengatakan proses sterilisasi pesawat Garuda Indonesia jenis Airbus A-330 yang mengangkut rombongan ABK selama tiga hari, terhitung setelah proses evakuasi yang dilakukan pada Minggu (1/3). Semua fasilitas pesawat didisinfektasi petugas.

"Estimasi kami laksanakan sampai Rabu (4/3/2020). Setelah semua selesai (sterilisasi) nanti akan ada sertifikat disinfeksi dari kami. Hari ini sedang proses penandatanganan," kata Bayu kepada detikcom, Selasa (3/3/2020).

Terkait prosedur sterilisasi pesawat yang mengangkut rombongan ABK, menurut Bayu, seluruh sisa makanan yang tertinggal di pesawat dimusnahkan.

"Seat (kursi) pesawat itu dibungkus dengan plastik oleh pihak maskapai. Jadi, plastik ini kami bukan dan didisinfektan. Setelah itu filter udara, yang jumlahnya delapan diganti semua oleh pihak Garuda," kata Bayu.

Ia mengungkapkan saat proses evakuasi pihaknya melakukan disinfeksi terhadap rombongan dan barang bawaan ABK. Termasuk seluruh kru dan tim pendamping yang ikut dalam pesawat.

"Barang bawaan itu kita disinfektan, termasuk paspor, tangga pesawat, mobil high lift truck, kontainer makanan dan troli," kata Bayu.

Seperti diberitakan sebelumnya, pemerintah mengevakuasi 69 Warga Negara Indonesia (WNI) anak buah kapal (ABK) Diamond Princess dari Jepang menuju tanah air melalui Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka.

Rombongan ABK Diamond Princess tiba di BIJB sekitar pukul 23.00 WIB, Minggu (1/3/2020). Petugas menyemprot disinfektan kepada rombongan ABK sebelum diangkut menggunakan bus menuju Pelabuhan PLN Sumuradem, Kabupaten Indramayu. Rombongan menuju Kabupaten Indramayu sekitar pukul 24.00 WIB. Perjalanan dilanjutkan menggunakan KRI Suharso menuju Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu, Jakarta.

Tonton juga Detik-detik 68 WNI Awak ABK Diamond Princess Tiba di Indonesia :

[Gambas:Video 20detik]

(bbn/bbn)