Jabar Siaga Satu Corona, Pemkot Bogor Aktifkan Posko Layanan Darurat

Farhan - detikNews
Senin, 02 Mar 2020 18:42 WIB
Bima Arya
Wali Kota Bogor Bima Arya (Foto: Kadek/detikcom)
Bogor -

Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto mengintruksikan kepada jajarannya untuk meningkatkan kewaspadaan penyebaran COVID-19. Hal ini mengingat sudah ada 2 warga Depok, Jawa Barat yang dinyatakan positif virus corona.

Seluruh rumah sakit di Kota Bogor diminta untuk meningkatkan kesiapsiagaannya untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

"Menginstruksikan semua Rumah Sakit di Kota Bogor untuk meningkatkan kesiagaannya untuk menghadapi kemungkinan penyebaran COVID-19 di Kota Bogor. Salah satunya melengkapi alat pelindung diri (APD) dan ruang isolasi sesuai aturan Menkes," kata Bima Arya, Senin (3/2/2020).

"Kemudian Dinas Kesehatan agar melakukan pengecekan ulang ke semua Rumah Sakit terkait kesiapsiagaannya. Kepala Puskesmas juga agar melakukan pemantauan untuk melakukan deteksi dini penyebaran virus corona," sambung Bima.

Selain itu, Bima juga menginstruksikan Dinas Kesehatan, Puskesmas dan Pejabat Wilayah agar secara masif melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait penyebaran dan pencegahan virus corona. Sosialisasi dilakukan baik secara langsung maupun melalui media sosial.

"Menginstruksikan Dinas Kesehatan segera membentuk posko pengaduan Covid-19, siaga 24 jam untuk menerima laporan apabila ada pasien yang terindikasi Covid-19. Untuk setiap informasi terkait dugaan virus Corona Pemkot membuka layanan sambungan cepat 24 jam 119 atau Posko layanan kegawatdaruratan medis 0251-8363335 dan WhatsApp 08111116093," beber Bima.

Sebagai salah satu langkah antisipasi, Bima juga meminta warga agar menghindari kontak langsung dengan orang yang baru pulang dari daerah atau negara terjangkit wabah Covid 19 dalam rentang waktu 28 hari sejak kedatangannya di Indonesia, atau menghindari bepergian ke daerah atau negara yg dinyatakan wabah Covid-19.

"Mengajak masyarakat untuk menjadikan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sebagai gaya hidup untuk mencegah penyebaran penyakit menular," ujar Bima

Jabar Siaga 1 Corona, Kang Emil: Sudah dari 2 Minggu Lalu:

[Gambas:Video 20detik]



(mud/mud)