Dinkes Awasi Tenaga Medis-Warga Depok yang Pernah Kontak Pasien Corona

Yudha Maulana - detikNews
Senin, 02 Mar 2020 15:42 WIB
Virus Corona dilihat dari mikroskop
Virus Corona dilihat dari mikroskop. (Foto: National Institute of Allergy and Infectious Diseases)
Bandung -

Dinkes Jabar dan Tim Gerak Cepat (TGC) akan melacak serta mengawasi semua pihak, termasuk tenaga medis dan warga, yang pernah melakukan kontak langsung atau interaksi dengan dua pasien virus Corona di Depok.

"Semua yang melakukan kontak akan dilacak, termasuk petugas kesehatan," ujar Kadinkes Jabar Berli Hamdani saat dihubungi detikcom, Senin (2/3).

Setelah terlacak, Dinkes akan melakukan pemantauan selama 14 hari kepada masyarakat dan tenaga medis yang berinteraksi langsung dengan dua pasien tersebut. "Dan bila timbul gejala, akan langsung dilakukan pengawasan serta pemeriksaan positif tidaknya, kalau positif akan dirawat di fasilitas rujukan yang terlengkap," kata Berli.

Saat ini, ujarnya, Dinkes Jabar dan Tim Gerak Cepat (TGC) tengah bergerak ke lokasi dua pasien yang diketahui seorang ibu berusia 64 tahun dan anaknya yang berusia 31 tahun.

Ia pun mengimbau agar masyarakat jangan panik, pasalnya pemerintah pusat, provinsi dan kota tengah melakukan langkah preventif secara integrasi untuk mengurangi resiko penularan atau pun jatuhnya korban.

Diberitakan sebelumnya, dua pasien ini tertular Corona setelah berinteraksi dengan WN Jepang yang sempat masuk ke Indonesia, WN Jepang tersebut sudah terkontaminasi Corona sejak di Malaysia.

Menkes soal Penularan Corona: Kalau Imunitas Kita Baik, Nggak Mempan!:

[Gambas:Video 20detik]



(bbn/bbn)