Bupati Majalengka Imbau Warga Tak Panik Usai Proses Evakuasi 69 WNI

Sudirman Wamad - detikNews
Senin, 02 Mar 2020 15:21 WIB
evakuasi 69 WNI ABK Diamond Princess di Kertajati
Suasana ketibaan 69 WNI yang dievakuasi dari Jepang di Bandara Internasional Jawa Barat (Foto: Khadijah Nur Azizah/detikHealth)
Majalengka -

Pemerintah mengevakuasi 69 Warga Negara Indonesia (WNI) anak buah kapal (ABK) Diamond Princess dari Jepang menuju tanah air melalui Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka.

Rombongan ABK Diamond Princess tiba di BIJB sekitar pukul 23.00 WIB, Minggu (1/3/2020). Petugas menyemprot disinfektan kepada rombongan ABK sebelum diangkut menggunakan bus menuju Pelabuhan PLN Sumuradem, Kabupaten Indramayu.

Rombongan menuju Kabupaten Indramayu sekitar pukul 24.00 WIB. Perjalanan dilanjutkan menggunakan KRI Suharso menuju Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu, Jakarta.

Bupati Majalengka Karna Sobahi mengimbau agar masyarakatnya tak perlu khawatir dengan adanya proses evakuasi tersebut. Sebab, dikatakan Karna, rombongan ABK Diamond Princess sejatinya sudah dinyatakan sehat oleh pemerintah Jepang. Sehingga, proses evakuasi rombongan diizinkan.

"Ini adalah orang sehat yang kita selamatkan. Kalau mengevakuasi yang tidak sehat itu melanggar aturan WHO. Masyarakat tak perlu merasa waswas, kita juga sudah beri pemahaman kemarin," kata dia kepada detikcom, Senin (2/3/2020).

Selanjutnya
Halaman
1 2