Cerita Penumpang soal Pencegahan Corona di Bandara Husein Bandung

Yudha Maulana - detikNews
Senin, 02 Mar 2020 14:52 WIB
Bandara Husein Sastranegara Bandung
Suasana di pintu kedatangan internasional Bandara Husein Sastranegara Bandung (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Bandung -

Pemeriksaan pencegahan virus Corona di Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara, Kota Bandung dianggap begitu longgar. Para penumpang yang baru tiba di bandara tersebut merasa tidak ada pengecekan kesehatan secara khusus untuk mencegah penyebaran virus mematikan itu.

Hidayat (36), warga Kota Bandung baru saja tiba di Kota Bandung dari Singapura. Menurutnya, ketika turun dari pesawat, ia langsung melenggang ke arah pintu keluar atau pintu kedatangan internasional (International Arrivals).

"Enggak ada, tadi langsung keluar saja. Paling saat di dalam pesawat dikasih kertas berwarna kuning saja, satu bagian saya isi, satu lagi dirobek dan diambil petugas," kata Hidayat saat ditemui detikcom di Bandara Husein, Senin (2/3/2020).

Dari secarik kertas yang diperlihatkan Hidayat, terlihat sebuah kertas dengan kop Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Kartu itu diberi tajuk Kartu Kewaspadaan Kesehatan.

Di dalam kertas berwarna kuning itu ada kolom yang harus diverifikasi petugas, kemudian imbauan bila mengalami sakit untuk mendatangi fasilitas kesehatan terdekat sambil membawa kartu berukuran setengah A3 tersebut.

Saat hendak bertolak ke Singapura dari Bandara Husein pekan lalu Hidayat juga diberi kertas atau formulir tersebut. Calon penumpang pesawat tak diperiksa secara khusus terkait kondisi kesehatan di pintu keberangkatan.

"Kalau di Singapura, sebelum masuk itu ada alat pelacak panas (thermal scanner) dan ada hand sanitizer, kalau penumpang terindikasi pilek saja, enggak boleh masuk, kalau di Jakarta mungkin ada," katanya.

Simak Juga Video "Batuk dan Demam Sepulang dari Thailand, Mahasiswi Dirawat di RS Padang"

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2