Tinjau Lokasi Banjir Cikeruh, Bupati Dony Siapkan Langkah Penanganan

Muhamad Rizal - detikNews
Sabtu, 29 Feb 2020 19:27 WIB
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir tinjau lokasi banjir
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir tinjau lokasi banjir (Foto: Muhamad Rizal/detikcom)
Sumedang -

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir meninjau lokasi banjir di Desa Cikeruh, Kecamatan Jatinangor, Sabtu (29/2/2020). Dalam kunjungannya itu ia menyampaikan telah menyiapkan bebrbagai bantuan untuk warga yang terkena dampak banjir akibat luapan Sungai Cikeruh.

"Kita turunkan damkar di beberapa tempat, nantinya keliling membersihkan lumpur di sejumlah titik yang berdampak banjir," kata Dony saat meninjau lokasi banjir di Desa Cikeruh, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Menurutnya, Pemkab Sumedang akan berupaya memenuhi berbagai kebutuhan para korban yang terkena dampak banjir. Pihaknya juga telah memerintahkan Dinkes Sumedang untuk memantau kondisi kesehatan warga.

"Seperti makanan yang sudah di sebarkan dan juga kebutuhan untuk pakaian kita upayakan, kemudian nanti di data oleh dinas kesehatan terhadap penyebaran penyakit," katanya.

Dalam kesempatan itu, dia menyatakan telah menyiapkan langkah penanganan agar banjir serupa tidak terulang. Salah satunya melakukan normalisasi Sungai Cikeruh.

"Normalisasi Sungai Cikeruh ini, BBWS sudah melakukan upaya. Kemudian dilakukan pengerukan sungai yang sudah dangkal, kemudian nantinya ada kolam-kolam retensi yang dapat mencegah banjir," ucap Dony.

Tonton juga Jokowi Sebut Ibu Kota Baru Tak Banjir dan Macet, Hadirin Tertawa :

Selanjutnya
Halaman
1 2