Melihat Asiknya Mancing Ikan Pakai Botol Plastik di Dermaga Palabuhanratu

Syahdan Alamsyah - detikNews
Sabtu, 29 Feb 2020 18:06 WIB
Nelayan asal Desa Loji, Sukabumi, memiliki cara unik dan tak biasa untuk menangkap ikan di Dermaga Pelabuhanratu.
Asiknya mancing ikan dengan cara unik di Dermaga Palabuhanratu, Sukabumi (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Sukabumi -

Ayi (40) nelayan asal Desa Loji, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi terlihat serius menatap ke selokan air di bawahnya. Tidak lama, tali pancingnya bergerak-gerak, dengan cekatan jari jemarinya perlahan menarik tali hingga ke permukaan.

Belasan ikan berukuran sepanjang jari menggelepar berusaha keluar dari botol kemasan air mineral yang disulap menjadi perangkap ikan atau bubu. Satu persatu ikan itu dipindahkan ke dalam wadah khusus, setelah itu tali pancing dan botol plastik kembali diturunkan ke dalam selokan.

Dengan lincah tangan Ayi kembali menyasar ikan yang terlihat berkilauan dari atas permukaan air. Aktivitas memancing yang dilakukan warga dan nelayan Palabuhanratu tak biasa. Mereka memancing tanpa media pancing konvensional seperti kail dan joran.

"Awalnya tahu dari nelayan Cilacap, sebenarnya di Palabuhanratu sudah lama dikenal tapi jarang dipraktekan. Saya coba memancing menggunakan botol bekas air mineral ini, ternyata pada ngikutin," kata Ayi saat ditemui detikcom di Dermaga Palabuhanratu, Sabtu (29/2/2020).

Selokan yang dipakai memancing airnya mengarah langsung ke Dermaga Nelayan Palabuhanratu. Tidak heran ikan di garis perbatasan antara sungai dan perairan laut didapati berukuran kecil namun terkenal gurih bila di goreng lalu disantap saat masih panas.

Tidak hanya di selokan, aktivitas serupa juga dilakukan di tempat sandar perahu di area dalam dermaga. Para mancing mania terlihat asyik menurunkan tali pancing dan botol air mineral.

"Kebanyakan Ikan Belanak, bentuk dan rasanya sama seperti bandeng. Kadang kita buat makan di rumah atau dibikin ikan asin juga enak, ada juga yang dijual. Kalau betah seharian begini bisa dapat sampai 30 kilogram," kata Ayi.