Beredar Video Longsor Ciniru Kuningan, Polisi: Kejadian Lebak Banten 2010

Sudirman Wamad - detikNews
Sabtu, 29 Feb 2020 16:46 WIB
Foto kejadian hoax di Kuningan
Foto kejadian hoaks di Kuningan yang diambil dari video yang beredar (Foto: Mochamad Solehudin/detikcom).
Kuningan -

Potongan video yang menunjukkan peristiwa longsor mengakibatkan sebuah jembatan ambruk menggemparkan jagat maya. Video itu disebut-sebut terjadi di Kecamatan Ciniru, Kabupaten Kuningan, Jabar.

Video pendek yang berdurasi sekitar 1 menit 19 detik itu tersebar di jagat maya. Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Erlangga memastikan potongan video yang mempertontonkan kerusakan akibat tanah bergerak atau longsor itu bukan terjadi di Kecamatan Ciniru, Kabupaten Kuningan, Jabar. Peristiwa longsor tersebut terjadi di wilayah Kabupaten Lebak, Provinsi Banten pada 2010 silam.

"Kami sampaikan kepada seluruh masyarakat, bahwa video viral tentang tanah yang bergerak tersebut bukan kejadian bencana yang ada di Kecamatan Ciniru, Kabupaten Kuningan, melainkan kejadian longsor pada Rabu (01/01/2020) di Cinyiru, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten," kata Erlangga salam keterangan yang diterima detikcom, Sabtu (29/2/2020).

Petugas Polres Kuningan Polda Jabar telah mengecek langsung ke Kecamatan Ciniru. Petugas tak menemukan dan menerima adanya laporan terkait kejadian longsor.

"Kami dari Polres Kuningan beserta Jajaran Polsek Ciniru telah melaksanakan pengecekan langsung ke lapangan, hasilnya bahwa video pergerakan tanah tersebut bukan di Ciniru, Kabupaten Kuningan," kata Kapolres Kuningan AKBP Lukman Syarif Dandel Malik.

Lukman mengimbau masyarakat Kuningan untuk tetap tenang dan tidak panik menanggapi potongan video yang tersebar di media sosial (medsos) itu.

Tonton juga Viral Penculikan Anak di Bekasi, Ternyata Kejadian 2018 dan Hoax :

[Gambas:Video 20detik]

(mso/mso)