5 Hal yang Perlu Diketahui Saat Kunjungi Monju di Bandung

Siti Fatimah - detikNews
Sabtu, 29 Feb 2020 12:28 WIB
Monumen Perjuangan Bandung
Foto: Monumen Perjuangan Rakyat Jabar (Siti Fatimah/detikcom)
Bandung -

Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat atau yang biasa dikenal dengan Monju merupakan salah satu tempat yang bisa dimanfaatkan untuk mengenal sejarah Kota Bandung, Jawa Barat. Bahkan tempat tersebut sudah menjadi salah satu ikon Kota Bandung selain Gedung Sate.

Diresmikan sejak 23 Agustus 1995 lalu oleh Gubernur Jawa Barat saat itu, Raden Nana Nuriana, sampai saat ini Monju masih memiliki daya tarik pengunjung dan wisatawan baik dari luar kota maupun mancanegara.

Lokasi Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat berada di Jalan Dipati Ukur nomor 48 Kelurahan Lebak Gede, Kecamatan Coblong. Jarak dari terminal Cicaheum sekitar 1 jam setengah dan lokasinya yang berdekatan dengan Universitas Padjadjaran jadi sangat mudah diakses.

Berikut beberapa hal menarik yang harus kamu ketahui tentang Monumen Perjuangan:

Waktu Operasional

Monju Jawa Barat memiliki waktu operasional dari Senin-Jumat, dibuka pukul 08.00 pagi sampai 16.00 sore. Untuk berkunjung ke museum ini, tidak dikenakan tiket alias gratis. Parkir kendaraan pun cukup luas untuk kendaraan roda dua dan empat.

Memiliki 3 Fokus Area

Banyak yang belum mengetahui, ternyata Monju memiliki tiga area yang bisa digunakan sebagai tempat wisata. Area pertama yaitu yang berada di paling luar gerbang. Area ini biasa digunakan sebagai tempat berolahraga di pagi hari atau akhir pekan.

5 Hal Menarik di Monumen Perjuangan yang Harus DiketahuiFoto: Relief yang ada Monumen Perjuangan Rakyat Jabar (Siti Fatimah/detikcom)

Kedua, area Plaza yang sudah sangat umum dikenal dengan bentuk monumennya. Bangunan yang berwarna putih ini sering dijadikan sebagai spot foto oleh pengunjung yang datang. Dari sisi kanan dan kiri terdapat relief-relief yang menceritakan perjuangan rakyat-rakyat Jawa Barat dalam mencapai kemerdekaan.

Nah ada juga area yang digunakan sebagai tempat edukasi. Di dalamnya terdapat beberapa ruangan seperti ruang pemutaran film, ruang pameran, ruang diorama, ruang informasi, ruang perpustakaan, dan ruang perkantoran.

Selanjutnya
Halaman
1 2