Gondol Traktor Bantuan Pemkot Banjar, 4 Pencuri Didor Polisi

Faizal Amiruddin - detikNews
Jumat, 28 Feb 2020 18:01 WIB
Pencuri Traktor di Banjar
Sindikat pencuri traktor ditangkap personel Polres Banjar. (Foto: Faizal Amiruddin/detikcom)
Kota Banjar -

Polisi menggulung sindikat pencurian spesialis traktor lintas daerah. Sebanyak tujuh tersangka diciduk polisi atas kejahatan yang telah menyengsarakan petani itu.

Mereka masing-masing berinisial US, UN, GG, HRP, JJ, UD dan NN. Para tersangka berasal dari Cianjur, Tasik dan Garut.

Empat tersangka di antaranya terpaksa dihadiahi timah panas, karena mencoba melawan dan berusaha menghilangkan barang bukti ketika ditangkap. "Mereka terpaksa kami berikan tindakan tegas terukur karena mencoba kabur dan menghilangkan barang bukti," kata Kapolres Banjar AKBP Yulian Perdana saat menggelar jumpa pers di Mapolres Banjar Jalan Siliwangi, Jumat (28/2/2020).

"Empat tersangka ini juga diketahui sebagai residivis," Yulian menambahkan.

Gondol Traktor Bantuan Pemprov Jabar, 4 Pencuri Didor PolisiKapolres Banjar AKBP Yulian Perdana saat menyampaikan keterangan kepada wartawan. (Foto: Faizal Amiruddin/detikcom)

Selain menangkap tujuh tersangka, polisi menyita barang bukti berupa 13 unit mesin traktor, peralatan bengkel, sepeda motor dan dua mobil yang digunakan untuk melancarkan aksi kejahatan tersebut. "Komplotan pencuri spesialis traktor ini telah melakukan aksinya di 15 tempat. Ada yang di Banjar, Ciamis, Tasik dan Garut. Penadahnya ada di Pangandaran," tutur Yulian.

Traktor yang dicuri oleh komplotan ini selain milik pribadi ada juga bantuan dari Pemkot Banjar. "Ada tiga unit bantuan diterima petani dari Pemkot Banjar. Kepada petani yang merasa kehilangan traktor, bisa memeriksa barang bukti ke Mapolres Banjar. Untuk sementara bisa di pinjam pakai dulu," ujar Yulian.

Dodo, petani asal Kecamatan Langensari Kota Banjar, mengapresiasi polisi yang menangkap komplotan pencuri traktor itu. Traktor miliknya yang sempat digondol pelaku, beberapa bulan lalu, kini bisa kembali lagi.

"Itu traktor yang selama ini menjadi sumber kehidupan ekonomi saya. Sempat sedih ketika dicuri, tapi kemarin ada informasi pelakunya berhasil ditangkap. Alhamdulillah mesin traktor punya saya masih ada," ucap Dodo.

Tonton juga Tiga Kali Masuk Bui, Residivis Pencuri Kabel Timah Pertamina Dibekuk! :

[Gambas:Video 20detik]

(bbn/bbn)