Teliti Good Village Government, Bupati Sumedang Raih Doktor dari Unpad

Siti Fatimah - detikNews
Jumat, 28 Feb 2020 17:51 WIB
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir raih gelar doktor dari Unpad
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir (Foto: Siti Fatimah)
Bandung -

Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir menjalani sidang promosi doktor (S3) di Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung. Dony memaparkan disertasinya mengenai Good Village Government berkaitan pengendalian internal terhadap penyimpanan dana desa dan kinerja pemerintah desa.

Penelitian Dony dilatarbelakangi kondisi Kabupaten Sumedang yang berada dalam ketertinggalan terutama mengenai pengelolaan dana desa dan kinerja kepala desa. Faktanya ditemukan terkait kinerja pemerintahan desa, pada 2018 Kabupaten Sumedang mengalami kelebihan dana. Kemudian pada 2017 berada pada posisi Sakip (Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintahan) paling bawah.

"Kepala desa yang memiliki kinerja yang rendah, tidak efektif dan tidak efisien salah satunya disebabkan oleh tingkat pendidikan dan pengalaman yang kurang. Sebanyak 61 persen pendidikan Kepala Desa setingkat SMA, 33 persen S1, dan 6 persen S2," ujar Dony saat menjelaskan fenomena kinerja kepala desa dalam 4 tahun yang lalu di kampus Unpad, Jalan Dipatiukur, Kota Bandung, Jumat (28/2/2020).

Menurutnya pada 2018 ditemukan pekerjaan fisik dikerjakan oleh pihak ketiga sehingga desa mendapatkan keuntungan kerja sama ini. Oleh sebab itu, ia melakukan penelitian mengenai Good Village Government dengan harapan dapat memperbaiki kinerja dan kemampuan aparatur desa dalam mensejahterakan masyarakat.

"Implementasi Good Village Government yang efektif berarti akan menurunkan penyimpangan dana desa dan meningkatkan kinerja desa. Kepemimpinan yang kondusif dan berkaitan dengan aktifitas pengendalian, informasi dan komunikasi di mana informasi terus terbuka melalui website kabupaten dan proses tanggung jawab yang transparan," jelasnya saat ditanyai mengenai langkah yang akan ditempuh sebagai Bupati Sumedang.

Sebagai mahasiswa yang sekaligus menjabat sebagai Bupati Sumedang, Dony merasa perlu untuk memperbaiki keadaan yang terjadi di daerahnya. Ia berencana untuk melakukan pelatihan dilihat dari tingkat pendidikan dan pengalaman penatausahaan keuangan.

"Saran kami ada pelatihan yang terstruktur, sebagai Bupati Sumedang, saya sudah MOU dengan beberapa kampus Unpad, ITB, dan IPDN agar dapat berapa desa itulah konsep pentahelix," jelasnya.

Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir berkuliah sejak 2016 dengan mengambil Program Studi Doktoral Ilmu Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad.

Atas penelitiannya, Dony lulus promosi doktoral dengan predikat cumlaude. Ia mengaku bangga dengan hasil disertasinya.

"Alhamdulillah luar biasa bahagia. Bersyukur tiga setengah tahun kuliah program doktor ini. Berjalan dengan baik, nilainya pun memuaskan cumlaude.

(mud/mud)