Sungai Citalahab Meluap, 400 Kepala Keluarga di Ciamis Kebanjiran

Dadang Hermansyah - detikNews
Kamis, 27 Feb 2020 19:00 WIB
Banjir di Ciamis
Foto: Banjir di Ciamis (Istimewa)
Ciamis -

Banjir menerjang wilayah Dusun Ciparakan, Desa Sukahurip, Kecamatan Pamarincan, Kabupaten Ciamis akibat luapan Sungai Citalahab, Kamis (27/2/2020). Sebanyak 400 kepala keluarga di wilayah tersebut terkena dampak kejadian tersebut.

Banjir akibat luapan Citalahab menggenangi pemukiman warga. Berdasarkan data yang ada sebanyak 400 kepala keluarga di wilayah tersebut terkena dampak banjir tersebut.

Anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis Baehaki Efendi menuturkan saat hujan deras turun sekitar pukul 15.00 WIB, secara tiba-tiba sungai meluap dan membanjiri permukiman warga. Jalan Desa tergenang sehingga menghambat aktivitas warga.

"Ketinggian air tidak terlalu tinggi, sekitar di bawah lutut orang dewasa tapi akses masyarakat terganggu dan khawatir luapan terus membesar," ucap Baehaki saat dihubungi.

Baehaki mengaku telah mengimbau masyarakat untuk waspada. Bila hujan terus turun hingga malam dikhawatirkan luapan sungai terus membesar dan naik ke rumah warga.

"Upaya kami saat ini hanya bisa menghimbau masyarakat saja, karena air dari Anak Sungai Citalahab bisa saja masuk secara tiba-tiba," ujarnya.

Tonton juga Banjir Lumpur di Konawe, Warga Soroti Aktivitas Pertambangan :

[Gambas:Video 20detik]

(mso/mso)