Lantik Polsis, Kapolres Tasik Ajak Siswa Perangi Hoax dan Bullying

Dadang Hermansyah - detikNews
Kamis, 27 Feb 2020 10:53 WIB
Kapolres Tasikmalaya Kota  AKBP Anom Karibianto lantik Polsis
Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Anom Karibianto lantik Polisi Siswa (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom).
Tasikmalaya -

Polres Tasikmalaya melantik ratusan siswa SMA dan SMP di Kota Tasikmalaya menjadi Polisi Siswa (Polsis) di Lapang Upacara Mapolres Tasikmalaya Kota, Kamis (27/2/2020). Para siswa ini disiapkan menjadi agen di sekolah untuk memerangi penyebaran berita bohong (hoaks) dan prilaku bullying.

"Kita berharap mereka menjadi teladan khususnya untuk memerangi penyebaran hoaks dan bullying di sekolah. Karena itu sangat kontra produktif dengan tujuan pembelajaran," kata Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Anom Karibianto usai pelantikan.

Para Polsis ini sebelumnya telah menjalani pendidikan dan latihan selama 3 hari. Ilmu yang didapat selama pelatihan diharapkan dapat dimanfaatkan dan diterapkan di sekolah juga lingkungan masyarakat.

Anom berharap para siswa menjadi bagian dari Polres Tasikmalaya. Polsis menjadi agen-agen kepolisian di Sekolah, menjaga ketertiban di lingkungan sekolah. "Menjadi agen Kamtibmas di lingkungan masyarakat," ucapnya.

Anom menginginkan di lingkungan sekolah tercipta nuansa positif. Tidak ada prilaku para siswa yang saling menjelekan antar sesama. Sehingga mendukung pembelajaran dan pembangunan generasi penerus bangsa.

"Para siswa tidak menjadi bagian dari permasalahan di lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. Seperti tawuran, menjadi berandalan motor, miras, narkoba dan lainnya," ujar Anom.

Simak Juga Video "Pelaku Bullying di Jaksel: Rasis, Main Pukul hingga Hina Presiden"

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)