Pohon Kurma di Masjid Agung Tasikmalaya Akhirnya Dipanen

Deden Rahadian - detikNews
Rabu, 26 Feb 2020 17:57 WIB
Pohon kurma di masjid agung Tasikmalaya dipanen
Pohon kurma di masjid agung Tasikmalaya dipanen (Foto: Deden Rahadian)
Tasikmalaya -

Pohon kurma yang tumbuh di halaman Masjid Agung Kota Tasikmalaya akhirnya dipanen. Pohon yang berbuah setelah 18 tahun ditanam ini dibagikan ke warga sekitar.

Panen kurma perdana ini, langsung dihadiri serta secara simbolis dilakukan oleh Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman beserta pengurus Masjid Agung Kota Tasikmalaya.

"Alhamdulillah setelah lama ditanam pohon kurma ini akhirnya berbuah dan hari ini kita panen buahnya untuk dibagikan kepada jemaah mesjid yang datang. Ini semoga membawa keberkahan untuk Kota Tasikmalaya," kata Budi, Rabu (266/2/2020).

Ketua Dewan Kemakmuran Masjid Agung Tasikmalaya, Aminnudin Bustomi, mengatakan, hasil panen yang dibagikan ke warga sebagai rasa syukur dan menyambut bulan rajab. Pohon kurma yang berbuah terdapat dua pohon dan buahnya lebat. Kali ini baru satu pohon yang dipanen dan beberapa tangkai saja.

Pihak DKM Mesjid Agung Kota Tasikmalaya berencana menambah koleksi pohon kurma.

"Menurut ahli tanaman kurma, dalam dua tahun bisa berbuah jika dipersiapkan secara matang. Maka kita akan tambah lagi pohon kurma yang ditanam mudah mudahan berbuah lagi," ucap dia.

Rita, warga perum mitrabatik sangat bersyukur bisa merasakan kurma yang dipanen perdana di kota Tasikmalaya. "Alhamdulillah, bisa merasakan kuram ini, apalagi di panen sama pak wali kota. Mudahan ke depan lebih banyak lagi," ujar Rita.

(mud/mud)