Sempat Semburkan Bisa, Ular Kobra Ditangkap Warga di Sukabumi

Syahdan Alamsyah - detikNews
Selasa, 25 Feb 2020 23:54 WIB
Ular Kobra di Sukabumi
Ular kobra yang ditangkap warga di Sukabumi. (Foto: istimewa)
Sukabumi -

Seekor ular kobra berhasil ditangkap usai menyerang warga di Kampung Nyalindung, RT 2 RW 2, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Ular sepanjang 1,5 meter itu sempat menyemburkan bisanya ke arah warga.

Informasi diperoleh detikcom, peristiwa itu terjadi Selasa (25/2/2020) malam, sekitar pukul 18.30 WIB. Usai gegerkan perkampungan, ular itu kemudian masuk ke dalam saluran air yang tertutup. Khawatir kembali muncul dan membahayakan anak-anak, kobra itu diburu warga.

"Ular itu muncul tiba-tiba, entah karena melihat gerakan warga atau bagaimana tiba-tiba dia menyerang dengan menyemburkan bisa. Yang diserang itu anggota Linmas kampung setempat, untungnya dia langsung bersembunyi di belakang tiang musala. Bekas semburannya juga ada di tiang mushala," kata Asep Has, warga sekaligus aktivis lingkungan ProBumi Indonesia, kepada detikcom melalui sambungan telepon.

Pria yang akrab disapa Has itu mengaku berada di lokasi saat ular itu muncul. Ia sigap mengambil sebatang besi behel dan memancing kobra itu keluar dari saluran air.

"Warga khawatir kalau dibiarkan takutnya muncul lagi, karena di sini ada anak-anak. Akhirnya saya pancing sampai keluar. Begitu dia keluar dari saluran air, langsung saya tangkap kepalanya. Setelah itu dimasukkan ke karung," ujar Has.

Rencananya ular tangkapan itu dilepasliarkan di hutan yang berada tidak jauh dari Desa Nyalindung, yang berbatasan dengan Kecamatan Takokak, Kabupaten Cianjur. "Ular kobra itu memasuki pemukiman penduduk lantaran habitat alaminya rusak oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Mangsanya sudah habis di hutan, sehingga ular itu turun ke pemukiman warga untuk mencari makanan. Seperti tikus, kadal dan lainnya," tutur Has.

(sya/bbn)