Jabar Hari Ini: Banjir Kepung Jabar hingga Pengakuan Horor Dukun Cabul

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 25 Feb 2020 19:24 WIB
Banjir di Subang
Banjir terjang wilayah Subang (Foto: Dian Firmansyah)
Bandung -

Banjir masih mengepung sejumlah wilayah di Jawa Barat. Ribuan warga di Subang, Karawang, Indaramayu dan Bogor harus mengungsi akibat banjir hari ini. Di sudut Jabar lainnya, Pemkot Bandung buka suara soal aset perumahannya dijadikan pabrik narkoba.

Apa saja yang terjadi di Jabar hari ini berikut kilasannya:

Banjir Kepung Sejumlah Wilayah di Jabar

Banjir mengepung sejumlah wilayah di Jabar. Sedikitnya ribuan rumah warga di delapan kecamatan di Kabupaten Subang, terendam banjir dengan ketinggian mencapai 1,5 meter. Akibatnya, ribuan warga terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Kepala BPBD Kabupaten Subang Hidayat mengatakan, bencana banjir ini akibat air kiriman dari hulu. Curah hujan yang tinggi membuat debit air meninggi sehingga membuat air sungai meluap ke permukiman warga.

Lokasinya antara lain Sungai Cilamaya, Sungai Kamal, Sungai Ciasem, Sungai Cigandung, Sungai Cipunagara hingga beberapa anak sungai yang mengalir ke induk sungai.

Di antara delapan kecamatan yang terdampak banjir, dua desa di Kecamatan Pamanukan yang paling parah. Saat ini unsur terkait berkoordinasi untuk penanganan bencana banjir, termasuk evakuasi warga.

Bencana banjir pun terjadi di Karawang, 14 kecamatan terendam sejak pagi ini.
Berdasarkan pendataan BPBD Karawang, banjir berdampak pada 32.961 jiwa dan menyebabkan 9.514 orang atau 3111 keluarga mengungsi.

"Ketinggian air yang paling parah mencapai hampir dua meter di Desa Tamanmekar dan Desa Karangligar. Pagi ini air di Karangligar sudah se leher orang dewasa," kata Sekda Karawang Acep Jamhuri, Selasa (25/2/2020).

Hujan deras yang mengguyur wilayah Bogor pada malam hingga dinihari tadi membuat Sungai Cileungsi meluap. Akibatnya, ratusan rumah di Desa Bojongkulur, Cileungsi, Bogor terendam banjir dengan ketinggian air mencapai 50 centimeter.

"Wilayah Bojongkulur mengalami banjir, ketinggian mencapai 40-50 centimeter. Rumah yang terdampak ada ratusan yah, itu tersebar di 8 RW," kata Kasie Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor, Muhamad Adam Hamdani, dikonfirmasi Selasa (24/2/2020).

"Tapi rumah yang terendam itu yang berada di sepanjang bantaran sungai cileungsi," tambah Adam.

Banjir juga merendam dua kecamatan di Kabupaten Indramayu, Jabar. Petugas kepolisian mendirikan posko bencana dan mengevakuasi warga terdampak banjir.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Erlangga Saptono menyebutkan banjir di Kabupaten Indramayu itu merendam dua kecamatan yakni Patrol dan Sukra. "Kecamatan Sukra di Desa Bogor dan Sumuradem sudah surut. Aktivitas sudah normal," kata Erlangga dalam keterangan yang diterima detikcom, Selasa (25/2/2020).

Namun, lanjut Erlangga untuk wilayah Kecamatan Patrol banjir masih merendam dua desa, yakni Bugel dan Sukahaji. Ketinggian air di dua desa itu sekitar 10 hingga 20 sentimeter. Erlangga memastikan aktivitas warga di dua desa tersebut mulai kembali normal.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4