Disdik Sukabumi Berharap Kasus Perundungan Siswa SMP Berakhir Damai

Syahdan Alamsyah - detikNews
Selasa, 25 Feb 2020 15:46 WIB
Disdik Kota Sukabumi berharap kasus perundungan siswa smp berakhir damai
Disdik Kota Sukabumi berharap kasus perundungan siswa smp berakhir damai (Foto: Syahdan Alamsyah)
Sukabumi -

Seorang siswi SMP di Kota Sukabumi diduga menjadi korban perundungan tiga anak perempuan. Korban ditampar bahkan ditendang oleh pelaku pada bagian vitalnya. Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Sukabumi berharap permasalahan itu berakhir damai.

Hal itu disampaikan Kepala Disdik Kota Sukabumi, Nicke Siti Rahayu kepada awak media Selasa (25/2/2020). Nicke menyebut apa yang dilakukan oknum anak tersebut hanya perlu pembinaan melalui program Student Camp.

"Pak Sekretaris Dinas semua para kepala bidang menginginkan penyelesaian yang tidak berujung ke ranah hukum . Karena Mereka perlu ada pembinaan, kadang ada muncul (masalah) mendadak, ada yang (muncul) dari luar. Yang jelas penyelesaiannya ingin kekeluargaan dan juga mereka akan menjadi salah satu calon dalam students camp itu," kata Nicke di dampingi Sekdis Pendidikan, Moh Hasan Ashary di Balai Kota Sukabumi.

Sejumlah awak media kemudian menjelaskan kepada Nicke bahwa keluarga korban sudah melaporkan kasus tersebut kepada pihak kepolisian. Salah seorang wartawan kemudian menanyakan apakah ada upaya dari Disdik untuk memediasi keluarga korban agar mencabut laporan, Nicke menjawab pihaknya masih berupaya melakukan hal itu.

"Terus menerus, kita ingin bahwa mereka ini damai. Apabila mereka sudah merasa bahwa ini bukan kriminal, ini hanya gejala penyimpangan perilaku untuk anak-anak makanya students camp ini salah satu upaya untuk meminimalisir itu," jelas Nicke.

Students Camp sendiri merupakan program unggulan Disdik Kota Sukabumi yang bertujuan untuk pendidikan karakter melalui keagamaan, kedisiplinan dengan tujuan pembentukan karakter anak atau pelajar dengan durasi 1 hingga 3 bulan.

(sya/mud)