Banjir Rendam 2 Kecamatan di Indramayu, Polisi Dirikan Posko Kebencanaan

Sudirman Wamad - detikNews
Selasa, 25 Feb 2020 13:12 WIB
Kombes Saptono Erlangga
Kabid Humas Polda Jabar Kombes Erlangga Saptono (Foto: Dony Indra Ramadhan)
Indramayu -

Banjir merendam dua kecamatan di Kabupaten Indramayu, Jabar. Petugas kepolisian mendirikan posko bencana dan mengevakuasi warga terdampak banjir.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Erlangga Saptono menyebutkan banjir di Kabupaten Indramayu itu merendam dua kecamatan yakni Patrol dan Sukra. "Kecamatan Sukra di Desa Bogor dan Sumuradem sudah surut. Aktivitas sudah normal," kata Erlangga dalam keterangan yang diterima detikcom, Selasa (25/2/2020).

Namun, lanjut Erlangga untuk wilayah Kecamatan Patrol banjir masih merendam dua desa, yakni Bugel dan Sukahaji. Ketinggian air di dua desa itu sekitar 10 hingga 20 sentimeter. Erlangga memastikan aktivitas warga di dua desa tersebut mulai kembali normal.

"Desa Sukahaji dan Desa Bugel posisinya berdampingan. Air lambat surut karena sungai pembuangan air kecil, dangkal dan air laut lagi pasang. Jarak antara Desa Bugel dan Desa Sukahaji dekat dengan laut," kata Erlangga.

Kendati demikian, dikatakan Erlangga, pihaknya masih siaga untuk mengevakuasi warga terdampak banjir. "Langkah-langkah yang telah dilakukan satgas bencana Polres Indramayu Polda Jabar adalah mendatangi ke lokasi yang terdampak untuk membantu masyarakat, baik evaluasi maupun pengamanan lokasi banjir, selain itu berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Indramayu, membuat posko bencana serta dapur umum," katanya.

Selain posko kebencanaan, lanjut Erlangga, pihaknya juga membuka posko kesehatan di dua desa yang masih terendam banjir. "Jumlah pengungsi sampai tadi malam ada 41 orang di Desa Sukahaji, dan 60 orang di Desa Bugel Kecamatan Patrol," katanya.

Simak Video "Fokus Evakuasi Warga Terdampak Banjir, Anies: Izinkan Saya Bekerja"

[Gambas:Video 20detik]



(mud/mud)