Dituding Penculik, Perempuan Ini Santuy Saat Diinterogasi Warga di Sukabumi

Syahdan Alamsyah - detikNews
Selasa, 25 Feb 2020 12:40 WIB
Video viral penculikan di sukabumi
Foto: Tangkapan layar video viral
Sukabumi -

Seorang perempuan berambut pendek terlihat santuy menghisap rokok di tengah kerumunan warga yang mencurigainya sebagai pelaku penculikan. Selain di media sosial, video dengan narasi penculikan itu juga menyebar di aplikasi perpesanan.

"Hati-hati penculikan anak, kejadian di Pangleseran, Sukabumi, Cikembar. Baru saja, hati-hati yang punya anak berita valid bukan hoaks," tulis pesan berantai yang diterima detikcom, Selasa (25/2/2020).

Narasi itu juga disertai video berdurasi 30 detik dan foto perempuan yang sama dalam video beredar di aplikasi perpesanan dan media sosial Facebook.
"kade tah manusa ieu maokan budak bie pisan beunang d scg kade anu gaduh murangkalih kudu d jaga bener".." tulis akun Boyo Selon, statusnya dibagikan lebih dari 1500 warganet lainnya.

Dilihat detikcom, terlihat lokasi dalam video berada di dalam sebuah ruangan kantor pemerintahan. Tertempel banner bertuliskan Desa Sirnaresmi dan Kecamatan Gunungguruh, penelusuran lokasi berada di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota.


Saat diinterogasi warga perempuan itu terlihat santuy menghisap rokok, sementara di depannya terlihat warga berebutan melemparkan pertanyaan.

PS Paur Subbag Humas Polres Sukabumi Kota, Bripka Solehudin membenarkan kejadian tersebut. Namun hasil penelusurannya, info terkait penculikan tersebut tidak benar. Perempuan santuy dalam video diduga Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

"Kejadian sekitar pukul 09.00 WIB di kantor desa Sirnaresmi, Kecamatan Gunungguruh. Anggota Polsek Gunungguruh mengamankan seorang perempuan yang diduga ODGJ. Ramai info di sekitar warga yang bersangkutan adalah pelaku penculikan," kaa Soleh saat dihubungi detikcom.

Dijelaskan Soleh, kejadian itu bermula saat perempuan itu ditemukan berkeliaran di sekitar Jalan Pelabuhan II. Warga yang tengah ramai isu soal culik kemudian mengamankan perempuan tersebut.

"Saat diamankan tidak ditemukan identitas, warga juga tidak mengenali orang tersebut. Tiba-tiba isu berkembang liar menyebut yang bersangkutan sebagai pelaku penculikan, informasi dari Kapolsek Gunungguruh bila memang yang bersangkutan terlibat penculikan yang jadi pertanyaan korban penculikannya siapa?," terang Soleh.

Soleh menambahkan, saat ini perempuan tersebut dibawa petugas ke Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi untuk mengkonfirmasi status. "Kita cek apakah dia terdata sebagai ODGJ atau gelandangan, jadi narasi berisi informasi penculikan itu tidak benar alias hoaks," tandas Soleh.

Simak Video "Orang Gangguan Jiwa Dituding Penculik di Sukabumi"

[Gambas:Video 20detik]



(sya/ern)