Jaksa Sebut Iwa Karniwa Terbukti Terima Rp 400 Juta dari Meikarta

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Senin, 24 Feb 2020 17:54 WIB
Sidang suap proyek Meikarta
Foto: Mantan Sekda Jabar Iwa Karniwa menjalani sidang suap proyek Meikarta (Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Bandung -

Jaksa KPK menuntut mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar Iwa Karniwa enam tahun penjara. Dalam tuntutan, jaksa juga mengungkap Iwa hanya terbukti menerima suap sebesar Rp 400 juta berkaitan proyek Meikarta.

Hal itu diungkapkan jaksa KPK dalam sidang tuntutan yang digelar di Pengadilan Tipikor Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung, Senin (24/2/2020).

"Terdakwa telah menerima hadiah berupa uang yang seluruhnya berjumlah Rp 400 juta," ucap jaksa KPK Kiki Ahmad Yani saat membacakan tuntutan.

Jaksa menyatakan uang Rp 400 juta yang diberikan dari Neneng Rahmi Nurlaili selaku eks pejabat di Dinas PUPR Bekasi melalui anggota DPRD Bekasi Soleman dan anggota DPRD Jabar Waras Wasisto. Uang itu 'dieksekusi' dengan dibuatkan banner guna kepentingan Iwa sebagai bakal calon gubernur Jabar.

"Bahwa uang yang diterima oleh terdakwa melalui Soleman dan Waras Wasisto yang kemudian digunakan untuk membeli banner atau spanduk untuk kepentingan sosialisasi terdakwa sebagai bakal calon gubernur Jabar," tutur jaksa.

"(Pemberian itu) adalah untuk mempercepat proses persetujuan substansi atas raperda RDTR (Rancangan Detail Tata Ruang) yang diajukan Pemkab Bekasi," kata jaksa menambahkan.

Atas hal itu, sambung jaksa, fakta hukum unsur menerima hadiah atau janji telah terbukti dan terpenuhi secara sah dan menurut hukum. Iwa sendiri terbukti salah berdasarkan Pasal 12 huruf a Undang-undang Tipikor.

Dalam amar tuntutan, jaksa juga memberi tambahan hukuman berupa membayar uang pengganti senilai Rp 400 juta. Uang tersebut yang terbukti diberikan kepada Iwa.

"Jika terdakwa tidak membayar uang pengganti dalam waktu satu bulan sesudah putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap, maka harta bendanya dapat disita oleh jaksa dan dilelang untuk menutupi uang pengganti tersebut. Jika harta benda terdakwa tidak mencukupi, maka dipidana dengan pidana satu tahun," kata jaksa.

Tonton juga video saat Aher dan Deddy Mizwar Jadi Saksi di Sidang Meikarta:

[Gambas:Video 20detik]

(dir/mso)