Kronologi Pria Gangguan Jiwa di Sukabumi Dituding Penculik

Syahdan Alamsyah - detikNews
Senin, 24 Feb 2020 16:36 WIB
Heboh Penculik di Sukabumi
Foto: tangkapan layar Facebook
Sukabumi -

Dua video pria berbaju biru dituding sebagai pelaku penculikan viral di media sosial. Salah satu video memperlihatkan adegan pria itu meraung kesakitan dengan kondisi wajah berdarah.

Polisi telah mengklarifikasi narasi penculikan yang tersebar di media sosial itu sebagai hoaks dan meminta warganet untuk tidak menyebarkannya lagi karena khawatir akan membuat keresahan. Bagaimana fakta kejadian tersebut sebenarnya?

"Pada hari Minggu tanggal 23 Pebruari 2020, sekitar pukul 19.30 WIB, Polsek Nyalindung mengamankan seorang pria yang ternyata Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Saat itu menyebar dari mulut kemulut kalau pria ini akan melakukan penculikan," kata Paur Humas Polres Sukabumi, Ipda Aah Saepulrohman kepada detikcom, Senin (24/2/2020).

Tudingan culik itu diarahkan warga kepada pria berbaju biru dan membawa gitar itu karena gerak-geriknya yang mencurigakan. Ia bahkan sempat memukul warga yang berada di lokasi hanya gegara enggan mengantarnya.

"Sekitar pukul 17.30 WIB, pria itu menghampiri warga dan meminta tolong untuk diantar ke rumah temannya. Karena merasa tidak kenal, warga itu menolak permintaannya. Saat itulah pria ODGJ itu tiba-tiba menyerang warga," lanjut Aah.


Saat itu posisi warga sedang berada di depan rumahnya sambil menggendong anaknya yang baru berusia 9 bulan. Korban yang dipukul dengan tangan kosong oleh pria berbaju biru itu berusaha melawan dengan maksud membela diri.

Perkelahian tidak terhindarkan, gitar milik pria berbaju biru terjatuh. Warga yang mendapati hal itu langsung mengambil gitar dan menghantamkannya ke arah wajah pria berbaju biru hingga mengeluarkan darah.

"Warga terluka lebam di pipi sebelah kiri, sementara ODGJ menderita luka sobek di pipi sebelah kanan karena hantaman gitar. Pertengkaran terjadi lebih kurang 10 menit, setelah itu ODGJ ini menjauh dari rumah korban," ujar Aah.

Kehebohan kemudian terjadi, isu culik menyeruak ditengah kejadian tersebut. Warga beramai-ramai mencari pria berbaju biru yang akhirnya ditemukan bersembunyi di sebuah musala yang berada di Kamoung Pasir Munding, Desa Neglasari, Kecamatan Nyalindung.

Warga lalu meringkusnya dan dibawa ke Kantor Desa Neglasari. Selanjutnya oleh warga dan perangkat desa ODGJ itu diantar ke Polsek Nyalindung untuk diamankan dari amukan warga.

"Setelah ditelusuri, diketahui pria berbaju biru ini pasien yang kabur dari rumah sakit jiwa. Pihak keluarga yang kita sambungkan mengaku yang bersangkutan sudah tiga bulan hilang dan memang dibenarkan pria inisial DD ini telah lama menderita gangguan jiwa," tutur Aah.

Masih dikatakan keluarganya, DD memang suka memukul orang lain tanpa sebab hingga akhirnya dirawat di RSJ Cisarua karena kerap meresahkan warga di tempatnya tinggal.

"DD tinggal di Bandung, kata keluarganya dia mendalami ilmu suatu aliran hingga mengalami gangguan jiwa. Malam tadi keluarga sudah dihubungi dan langsung dijemput," tandas Aah.

(err/ern)