30 Tahun BAB di Sawah, Warga Serang Akhirnya Punya Jamban

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Senin, 24 Feb 2020 11:49 WIB
Iriana Jokowi memberikan bantuan jamban untuk warga Serang
(Foto: Bahtiar Rifa'i) Iriana Jokowi memberikan bantuan jamban untuk warga Serang
Serang -

Istri Presiden Joko Widodo, Iriana Jokowi memberikan bantuan jamban secara simbolis ke warga Kenari, Kelurahan Kasunyatan, Kecamatan Kasemen, Kota Serang. Selama 30 tahun, sebagian warga masih buang air besar di sawah atau kebun.

Dalam sambutannya, Iriana mengatakan bahwa ia mendengar ada warga Kota Serang yang selama 30 tahun tidak memiliki jamban. Bantuan diberikan oleh Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju.

"Tadi sudah diceritakan bahwa di sini sudah hampir 30 tahun belum memiliki jamban, saya nitip tolong menjaga kebersihan, jamban sangat perlu untuk pemakaian yang ada di Banten," kata Iriana singkat dalam sambutannya di Kasunyatan, Kota Serang, Banten, Senin (24/2/2020).

Iriana kemudian melakukan pengecekan ke warga yang 30 tahun tak memiliki jamban. Ia didampingi para istri menteri dari kabinet Jokowi.

Pasangan suami istri Hayana (40) dan Dulfatah (50) warga setempat mengaku selama 30 tahun ia dan keluarganya buang air besar di sawah. Mereka tak sanggup membuat jamban karena keterbatasan biaya.

"Ya kalau buang air besar di sawah sudah 30 tahun, di sini nggak punya WC biasa," kata Dulfatah yang sehari-hari bekerja sebagai buruh tani.

Ia sendiri mendapat pesan oleh Iriana Jokowi agar menjaga bantuan jamban dan kebersihan. Keluarga besarnya juga diminta tidak buang air besar sembarangan lagi di sawah.

Bantuan jamban diberikan sebanyak 1.000 buah untuk Kota Serang. Sebanyak 500 jamban untuk Kecamatan Kasemen, 250 untuk Kecamatan Taktakan dan 250 untuk Kecamatan Cipocok Jaya.

(bri/mud)