Viral, Poster Tertib Lalu Lintas Polresta Bandung Ala-ala Cover Film Parasite

Wisma Putra - detikNews
Sabtu, 22 Feb 2020 08:59 WIB
Meme poster tertib lalu lintas polresta bandung ala-ala parasite
Foto: Istimewa
Kabupaten Bandung -

Satlantas Polresta Bandung membuat meme berupa poster lucu agar para pengguna jalan di Kabupaten Bandung, Jawa Barat tertib dalam berlalu lintas. Poster tersebut viral di media sosial.

Poster viral yang dibuat sebagai media sosialisasi kepada masyarakat itu menyerupai cover film 'PARASITE' yang memenangi piala Oscar.

Poster dibuat dengan desain yang hampir menyerupai cover film besutan Bang Joon-Ho dari Korea Selatan. Pembedanya, judul besar dalam poster yang dibuat Satlantas Polresta Bandung bertuliskan 'PARAHSIH', dengan judul kecil bertuliskan 'Hari Gini Ga Pake Helm?'

Model utama yang ada di cover tersebut dilakukan langsung oleh Kasat Lantas Polresta Bandung AKP Hasby Ristama.

Seperti yang dilihat detikcom, Sabtu (22/2/2020), poster itu pertama kali diposting Instagram @tmcpolestabandung, Rabu (19/2) lalu. Sejak dibagikan ke publik, poster tersebut disukai lebih dari 8.500 pengguna Instagram.

"Jaga kepala Anda dengan helm, karena kepala ga ada sparepartnya," tulis caption dalam postingan itu.

Selain itu, postingan tersebut mendapatkan lebih dari 350 komentar dari pengguna Instagram.

"Yang punya ide bikini ini parahsih, gokil dan kyuti," kata pemilik akun @rizkyputri05.

Warganet juga beranggapan, dengan poster itu lebih efektif dalam menyampaikan imbauan agar tertib berlalu lintas.

"Pesan yang kaya gini lebih bagus lebih kena, lebih nangkep gitu. Terus kreatif ya min," kata pemilik akun @anardilaa.

Tak hanya itu, poster lucu milik Satlantas Polresta Bandung itu banyak yang membagikan dan direpost oleh pengguna Instagram lain.

Dikonfirmasi, Kasat Lantas Polresta Bandung AKP Hasby Ristama mengatakan, poster itu dibuat untuk mengedukasi masyarakat Kabupaten Bandung, terutama dalam penggunaan helm saat berkendara.

"Tujuan pertama sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat, simpel nya tentang penggunaan helm, tapi akan berefek signifikan bika ditambah kalimat-kalimat yang baper. Sehingga masyarakat akan notice dan teringat," katanya kepada detikcom, Sabtu (22/2/2020).

Tidak hanya satu, poster tersebut dibuat dengan kata-kata berbeda. Meski demikian, kata-kata yang dibuat bertujuan agar pengendara tertib berlalu lintas.

"Seperti ditinggal lagi sayang-sayangnya kan sakit banget atau himbauan seperti, hari gini ga pake helm #parahsih, hari gini ga tertib #parahsih, udah tau lampu merah tapi nerobos #parahsih. Hanya ganti parasite menjadi parahsih," ungkapnya.

Seperti diketahui, film besutan Bang Joon-Ho dari Korea Selatan memenangkan penghargaan Oscar nominasi best picture atau film terbaik. Memanfaatkan hal tersebut, pihaknya membuat poster itu.

"Pertama film parasite itu mendapatkan piala oscar, tentunya ada momentum yang membuat bangsa Asia bangga. Biar kekinian saja," ujarnya.

Hasby berharap, dengan dibuat poster seperti itu masyarakat bisa tertib berlalu lintas. "Kami harap warga Kabupaten Bandung tertib berlalu lintas," pungkasnya.

(ern/ern)