Bayi-bayi Lucu di Cirebon dan Sumedang Lahir di Tanggal Cantik 20-02-2020

Muhamad Rizal, Sudirman Wamad - detikNews
Jumat, 21 Feb 2020 09:08 WIB
Bayi di Kota Cirebon lahir di tanggal cantik 20-02-2020
Foto: Bayi lahir di RSIA Cahaya Bunda Kota Cirebon (Sudirman Wamad/detikcom)
Cirebon -

Sebanyak 11 bayi lahir pada tanggal cantik yakni 20-2-2020 di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Cahaya Bunda Kota Cirebon, Jabar. Delapan di antaranya, dilahirkan melalui sesar.

"Totalnya 11 bayi. Memang yang sesar ini sudah direncakan sejak jauh-jauh hari," kata pemilik RSIA Cahaya Bunda Kota Cirebon Yasmin Dermawan kepada awak media di ruangannya, Jumat (21/2/2020).

Yasmin mengatakan sedikitnya tiga pasien melahirkan secara normal. Semua pasien yang melahirkan pada hari ini, dikatakan Yasmin, rata-rata usia kandungannya dari 37 minggu hingga 40 minggu. Artinya, lanjut dia, secara medis sudah memenuhi syarat.

"Memang mereka ini memilih tanggal cantik karena mudah diingat," kata Yasmin.

Lebih lanjut, Yasmin mengatakan kelahiran pada tanggal cantik sudah menjadi trend masyarakat. Sebab, lanjut dia, setiap tanggal cantik RSIA Cahaya Bunda selalu kebanjiran pasien.

"Peningkatannya bisa 100 persen lebih ya. Kalau hari biasa itu dua sampai tiga pasien. Sekarang 10 pasien," ucap Yasmin.

Pasutri asal Kota Cirebon Irpan Hermawan (42) dan Nurul Mauluddia (32) tengah berbahagia. Nurul melahirkan anak ketiganya melalui sesar. Nurul mengaku sengaja memilih tanggal cantik 20-2-2020.

"Tadinya ada tiga pilihan, tanggal 20, 25 Februari dan 3 Maret. Karena kemarin sudah pengapuran, jadi dipilih lah tanggal 20," kata Irma.

Sementara itu di Kabupaten Sumedang ada enam bayi yang lahir di tanggal cantik kemarin. Bayi-bayi lucu itu lahir di RSUD Sumedang.

Menurut Humas bagian informasi, RSUD Sumedang Iman Budiman, dari enam bayi yang dilahirkan dua di antaranya lahir melalui sesar.

"Empat orang yang normal, dua orang dalam persalinan melalui Secio Caesari (SC) dari pukul 00.00 WIB sampai ke subuh pukul 10.00 WIB. Satu orang bayi perempuan, tiga orang bayi laki-laki," kata Iman kepada detikcom.

(mso/mso)