Urban Legend

Cerita Patung Pastor Verbraak di Bandung yang Konon Bisa Gerak Sendiri

Yudha Maulana - detikNews
Rabu, 19 Feb 2020 13:18 WIB
Pastor Verbraak di Bandung
Patung Pastor Verbraak (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Bandung -

Kota Bandung dikenal sebagai kota metropolitan di Jawa Barat, geliat warga nyaris tak pernah padam di kota berjuluk Paris van Java ini. Namun, di balik gemerlapnya Bandung, ada sudut-sudut gelap yang menyimpan misteri.

Salah satunya misteri yang menyelimuti patung Pastor Verbraak di Taman Maluku. Banyak yang percaya jika pastor Katolik itu tewas dalam kecelakaan pesawat dan jasadnya dikuburkan di bawah monumen patungnya.

Cerita Patung Pastor Verbraak di Bandung yang Konon Bisa Gerak SendiriRiwayat singkat Pastor Verbraak. (Foto: Yudha Maulana/ddtikcom)

Para pecinta urban legend tentu pernah mendengar kisah seram seputar patung setinggi empat meter ini. Konon, mata patung akan mengikuti siapa saja yang berjalan di dekatnya, terutama di malam hari.

Kisah lain yang tak kalah seram, patung tersebut akan mengangguk-angguk tiap kali lonceng katedral berdentang. Halaman buku yang dipegang patung akan berubah setiap harinya.

Yang lebih mistis, patung pastor tersebut akan bergerak turun dan berjalan-jalan di gelapnya Taman Maluku saat malam hari. Tak hanya itu, di sekitar patung juga terkadang muncul sosok raksasa dan wanita berbaju merah.

Benarkah demikian?