Polantas Bekuk 2 Pelaku Curanmor di Bandung Diganjar Penghargaan

Wisma Putra - detikNews
Selasa, 18 Feb 2020 19:22 WIB
Seorang anggota Satlantas diganjar penghargaan usai bekuk curanmor
(Foto: Wisma Putra) Seorang anggota Satlantas diganjar penghargaan usai bekuk curanmor
Bandung -

Anggota Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Bandung Bripka Asep Somantri yang berhasil membekuk dua pelaku terduga curanmor di Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung diganjar penghargaan.

Penghargaan itu diberikan langsung Kapolresta Bandung Kombes Hendra Kurniawan di Lapangan Mapolresta Bandung, Jalan Bhayangkara, Soreang, Kabupaten Bandung, Sealasa (18/2/2020).

"Pemberian penghargaan ini tidak semata-mata diberikan begitu saja. Pengharapan ini atas pertimbangan Dewan Pengambil Kebijakan, setelah laik kita keluarkan surat pengharapan," kata Kapolresta Bandung Kombes Pol Hendra Kurniawan.

Hendra menyebut, nantinya penghargaan itu dapat digunakan untuk anggota tersebut akan melanjutkan pendidikannya.

"Kita upacarakan agar menjadi contoh dan motivasi bagi anggota lainnya," sebut Hendra.

Hendra berujar, penghargaan itu diberikan karena Bripka Asep Somantri telah menjalankan tugas dengan baik dan melindungi masyarakat dengan menggagalkan kasus dugaan curanmor.

"Asep ini berhasil membekuk pelaku curanmor pada saat melarikan diri. Asep saat itu sedang akan shalat, karena jiwa kepolisian tinggi ketika mendengar teriakan maling dia keluar dan mengejar pelaku. Hanya menggunakan borgol bisa membekuk kedua pelaku," jelas Hendra.

Menurutnya, Asep telah melebihi tugas pokoknya yang dimana Asep memiliki tugas pengaturan, pengawalan dan patroli.

"Tidak ada hak untuk melakukan penangkapan. Tapi ketika tertangkap tangan, Polantas bisa saja melakukan penangkapan seperti itu," tuturnya.

"Saya berharap prestasi yang dilakukan Bripka Asep bisa diikuti anggota lainnya. Karena ini merupakan tugas pokok kepolisian, memberikan perlindungan dan pengayoman bagi masyarakat," tambahnya.

Sementara itu, Bripka Asep mengaku bahagia diganjar penghargaan dari Kapolresta Bandung.

"Alhamdullilah, saya senang. Penghargaan ini bisa digunakan untuk saya, untuk melanjutkan pendidikan saya nanti. Terimakasih untuk Bapak Kapolresta Bandung," ujar Asep.

Asep kembali mengisahkan, aksi heroik yang dilakukannya. Saat akan salat dhuhur, ada teriakan maling dan Asep pun langsung keluar untuk melihat situasi. Ternyata ada warga yang motornya akan dicuri.

"Pelaku sudah dikejar, banyak masyarakat, kalau posisi saya enggak ada di situ, enggak tau tuh nasib tersangka, karena masa sudah membawa batu dan kayu. Setelah ada saya di situ batunya langsung dilempar," ujar Asep.

Asep mengatakan, pelakunya berjumlah dua orang. Keduanya berhasil dibekuk oleh Asep hanya bermodalkan borgol.

"Pelaku berdua, sebelum saya keluarkan borgol, saya sempat baku hantam dulu dan akhirnya pelaku jatuh dan saya juga dibantu warga," pungkasnya.

Simak Video "Lukai Polisi, Pencuri Motor di Jaksel Didor"

[Gambas:Video 20detik]

(mud/mud)