Komplotan Penipu Bawa Kabur Mobil Wakil Ketua MUI Indramayu

Sudirman Wamad - detikNews
Selasa, 18 Feb 2020 13:30 WIB
Wakil Ketua MUI Indramayu jadi korban penggelapan mobil
(Foto: Sudirman Wamad) Wakil Ketua MUI Indramayu jadi korban penggelapan mobil
Indramayu -

Polres Indramayu membekuk sindikat penipuan dan penggelepan. Selain mengamankan pelaku, petugas juga menyita belasan mobil hasil kejahatan.

Kapolres Indramayu AKBP Suhermanto menyebutkan empat pelaku penipuan yang diamankan yakni KRD (38), KLD (40), WHD (40) dan EYW (47). Suhermanto menjelaskan modus yang dilakukan pelaku dengan berpura-pura meminjam mobil di jasa rental. Namun, mobil tersebut digadaikan oleh pelaku ke orang lain.

"Mobil kemudian digadaikan ke orang lain. Mengaku mobil tersebut miliknya, padahal mobil rentalan," kata Suhermanto saat pers rilis di Mapolres Indramayu, Kabupaten Indramayu, Jabar, Selasa (18/2/2020).

Suhermanto menyebutkan sebanyak 11 mobil yang diamankan dari tangan pelaku. Untuk satu unit mobil, dikatakan Suhermanto, pelaku mendapat keuntungan sekitar Rp 25 juta hingga Rp 30 juta.

Para pelaku dijerat pasal 378 dan 372 KUHP pidana dengan ancaman kurungan penjara maksimal empat tahun.

Salah seorang korban penipuan dan penggelapan yakni Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Indramayu KH Abdurrosyid. Abdurrosyid tak menyangka mobil yang ia sewakan kepada pelaku berinisial KDN ternyata digadaikan ke orang lain.

"Kejadiannya sekitar 3 Februari. Pelaku itu minjam mobil selama lima hari, katanya mau ke Magelang," kata Abdurrosyid.

Lebih lanjut, Abdurrosyid mengaku tak begitu mengenali pelaku. "Iya percaya, karena pelaku mengaku sudah pernah minjam mobil di sini. Katanya nanti ditransfer biaya sewanya," katanya.

Namun, lebih dari dua hari pelaku tak mentransfer biaya sewa mobil. Wakil MUI Indramayu itu pun waswas. Terlebih lagi, nomor ponsel pelaku tak bisa dihubungi.

"Kurang dari lima hari, tiba-tiba polisi datang. Katanya mobil saya digadaikan. Ya terima kasih kepada Polres Indramayu yang telah mengembalikan mobil saya, berhasil menangkap pelaku," ucap Abdurrosyid.

(mud/mud)