Banjir Gedebage, DPU Bandung Kerahkan 3 Mobil Pompa

Yudha Maulana - detikNews
Senin, 17 Feb 2020 18:57 WIB
DPU Bandung terjunkan mobil pompa air tangani banjir Gedebage
(Foto: Yudha Maulana) DPU Bandung terjunkan mobil pompa air tangani banjir Gedebage
Bandung -

Genangan air menghambat arus lalu lintas di Jalan Soekarno Hatta, tepatnya di depan Pasar Induk Gedebage, Kota Bandung pada Senin (17/2/2020). Akibatnya, terjadi antrean panjang kendaraan di ruas jalan provinsi tersebut.

Ketinggian genangan air bervariasi hingga betis orang dewasa saat hujan mengguyur kawasan tersebut sekitar pukul 13.30 WIB. "Genangan airnya dua arah, di depan pasar, tadi banyak yang mogok motor juga," kata Roni (24), petugas parkir saat ditemui detikcom di sekitar lokasi.

Pantauan detikcom pada pukul 16.00 WIB, antrean kendaraan mulai terlihat saat simpang Kiaracondong menuju Gedebage atau Cibiru. Begitu pun dengan ruas jalan alternatif dari Jalan Rumah Sakit dan Jalur Margacinta, tak luput dari kepadatan kendaraan.

Tampak petugas kepolisian berjibaku mengurai arus lalu lintas di sekitar titik banjir. "Airnya dari dalam kawasan pasar, di sini memang ada aliran sungai kecil yang airnya cukup deras," kata Roni.

Satgas Banjir Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung menurunkan tiga mesin pompa untuk mengalirkan genangan air ke saluran Sungai Cinambo di Peti Kemas. "Di sana, dekat Jalan Rumah Sakit juga ada Rumah Pompa, airnya juga ditarik ke sini (Cinambo)," ujar Munandar.

"Alhamdulillah air mulai surut tadi sekitar jam 17.00 WIB, karena kapasitas mesin ini juga 184 liter per detik ditambah Rumah Pompa jadi agak cepat," katanya.

(mud/mud)