Bosan Terendam Banjir, Banyak Warga Dayeuhkolot Ingin Jual Rumahnya

Wisma Putra - detikNews
Senin, 17 Feb 2020 10:55 WIB
Dayeuhkolot kembali tergenang banjir
Kawasan pemukiman di Kecamatan Dayeuhkolot kembali tergenang banjir (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Kabupaten Bandung -

Banjir kembali terjang pemukiman di Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Banyak warga yang ingin menjual rumahnya akibat sering terendam banjir.

Seperti di Kampung Bojongasih, Kecamatan Dayeuhkolot banyak rumah kosong yang ditinggalkan penghuninya karena setiap musim hujan kerap diterjang banjir. Bahkan, rumah-rumah tersebut dibiarkan rusak dan tidak diperbaiki oleh pemiliknya.

"Banyak tanah (rumah) yang mau dijual di sini, cuman peminatnya jarang, paling ya orang sini juga yang sudah terbiasa terkena banjir," kata Kepala Desa Dayeuhkolot Yayan Setiana di Kantor Desa Dayeukolot, Senin (17/2/2020).

Yayan mengungkapkan, alasan warga ingin menjual rumahnya karena bosan sering terendam banjir. Akibat sering terendam genangan banjir, banyak material rumah rusak, seperti kaca pecah, pintu atau jendela dan lainnya.

"Karena banjirnya tidak pernah berhenti dan tiap tahun selama 3-4 bulan banjir terus," ungkapnya.

Yayan menyebut, puluhan rumah warga ingin dijual. Meski demikian ia tak menyebut jumlah secara rinci.

"Rumah lebih dari puluhan. Jumlahnya banyak, selain rumah banyak juga kontrakan yang ditinggal penghuninya. Dulu disini banyak kontrakan karena kan dekat dengan kawasan pabrik," ujarnya.

Simak Video "Bima Arya: Banjir Bukan Urusan Personal Leadership"

[Gambas:Video 20detik]

(mso/mso)