Terdampak Longsor Ruas Tol Cipularang KM 118 Alami Kepadatan Lalu Lintas

Whisnu Pradana, Wisma Putra - detikNews
Minggu, 16 Feb 2020 19:44 WIB
Macet di Tol Cipularang Km 118
Macet di Tol Cipularang Km 118 (Foto: Istimewa)

Kepadatan tersebut lantaran arus balik wisatawan dari Bandung menuju Jakarta. Jika kepadatan terus berlangsung, pihaknya bakal menerapkan pengalihan arus lalulintas melalui Padalarang menuju Cikalongwetan.

"Ada alternatif melalui Lembang-Subang-Purwakarta-Tol Cikampek, Padalarang-Cianjur-Puncak, atau Padalarang melalui Cikalongwetan," tegasnya.

Untuk melakukan pengaturan lalulintas di ruas Jalan Tol Cipularang, Satlantas Polres Cimahi menerjunkan 50 personel yang ditempatkan secara menyebar.

Dihubungi terpisah, Humas PT Jasa Marga Nandang Elan membenarkan adanya kepadatan kendaraan di jalur sekitar lokasi longsor. Antrean kendaraan diakibatkan peningkatan volume kendaraan dari arah Bandung menuju Jakarta.

"Saat ini ada antrean," kata Humas PT Jasa Marga Nandang via pesan singkat.

Nandang mengungkapkan, banyak kendaraan yang menurunkan kecepatannya saat melintasi titik longsor tersebut. "Banyak pengemudi mengurangi kecepatànnya, mungkin karena viral jadi ingin tau," ungkapnya.

"Lalu lintas hari Minggu memang padat yan arah Jakarta, yang pulang wisata dari Bandung-Tasikmalaya dan arah timur lainnya," tambahnya.

Ia mengimbau kepada para pengendara yang melintas KM 118 untuk tidak khawatir karena petugas di lapangan berjaga dan jangan termakan berita hoaks atau bohong.

"Jangan langsung percaya apabila mendengar atau membaca sebuah berita. Dikhawatitkan dimanfaatkan oleh orang yg ingin melihat keresahan di masyarakat," ujarnya.

Halaman

(mso/mso)