Pingggir Tol Cipularang Km 118 Kembali Longsor, Jasa Marga: Hoaks

Wisma Putra - detikNews
Minggu, 16 Feb 2020 17:48 WIB
Longsor di Bandung Barat
Lokasi longsor di Bandung Barat (Foto: Whisnu Pradana/detikcom)
Bandung -

Sebuah pesan berantai di WhatsApp mengabarkan longsor kembali menerjang kawasan sekitar Tol Cipularang Km 118. Jasa Marga membantah dan memastikan informasi tersebut hoaks.

Dalam pesan berantai itu menjelaskan terkait kejadian longsor yang menerjang pinggir Tol Cipularang Km 118 tepatnya di Kampung Hegarmanah, Desa Sukatani, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat. Bahkan dalam pesan itu menyebut Tolo Cipularang terancam terputus apabila longsor terus terjadi.

"Cipularang longsor lagi, di km.118, Kanan kiri jalan, jalan terancam putus bila longsoran lanjut .....Mungkin ada yg baru plg dari bandung dan sebaliknya pd hari ini bs share kabar terkini?" tulis pesan berantai yang tersebar di sejumlah WhatsApp group.

Saat dikonfirmasi mengenai informasi tersebut, pihak Jasa Marga membantahnya. Pesan berantai itu hoaks

"Itu hoaks," kata Humas Jasa Marga Nandang Elan saat dihubungi, Munggu (16/2/2020).

Nandang menyatakan, akses Tol Cipularang baik jalur A atau B aman dilintasi. "Aman, banyak petugas di lapangan," ucapnya.

Menurutnya, longsor itu sudah ditangani oleh Jasa Marga dibantu TNI Polri, BNPB dan PUPR.

"Tidak terjadi pergerakan tanah yang akan berakibat putus dan longsornya badan jalan Tol di KM 118," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, tercatat 10 rumah tertimbun longsor di Kampung Hegarmanah, RT 3 RW 4, Desa Sukatani, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, Selasa (11/2/2020) malam. Bukit yang longsor itu berada di pinggir Tol Purbaleunyi atau Cipularang KM 118.

Lihat video Longsor di Pondok Pinang Jaksel Diduga karena Akumulasi Curah Hujan:

[Gambas:Video 20detik]

(mso/mso)