Ridwan Saidi Sebut Galuh 'Brutal' di YouTube Miliknya, Vasco Minta Maaf

Dadang Hermansyah - detikNews
Minggu, 16 Feb 2020 15:59 WIB
Warga perlihatkan cuplikan video permintaan maaf Vasco soal Galuh artinya brutal di akun instagram pribadinya
Warga perlihatkan cuplikan video permintaan maaf Vasco soal Galuh brutal (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis -

Budayawan Betawi Ridwan Saidi dalam channel YouTube Macan Idealis menyebut Galuh artinya brutal dan di Ciamis tidak ada kerajaan. Vasco Ruseimy selaku pemilik akun, yang juga ada dalam video itu meminta maaf melalui rekaman video di akun instagram pribadinya.

Dilihat detikcom, Minggu (16/2/2020), video yang berdurasi 4,45 menit itu, Vasco meminta maaf dan mencoba mengklarifikasi pernyataan Babe Ridwan Saidi pada channel YouTube miliknya. Mengenai kerajaan Galuh yang diartikan brutal, yang saat ini mendapat reaksi dari masyarakat Ciamis.

"Saya ingin meminta maaf kepada masyarakat Ciamis, karena video itu membuat situasi menjadi gaduh. Tapi niat saya ingin sampaikan kepada para penonton idealis, adalah ini untuk rekontruksi sejarah," ucap Vasco dalam video tersebut.

Vasco mengatakan tidak berniat untuk membuat gaduh masyarakat Ciamis, namun untuk merekonstruksi sejarah Indonesia, khususnya Ciamis. Karena Ciamis bagian dari Indonesia.

"Gua di situ punya kepentingan merekonstruksi bagaimana pandangan dari para sejarawan, khususnya sejawaran yang cukup senior seperti Babe Ridwan Saidi, makanya gua sering menggali sejarah itu dari Babe Ridwan Saidi," katanya.

Menurut Vasco, Ridwan Saidi memiliki pemikiran yang sangat luar biasa dan memiliki pandangan berbeda dari sejarah yang selama ini didapatkannya dari sekolah.

"Intinya adalah tidak ada niat melecehkan warga Ciamis maupun warga lainnya. Karena menurut gua sejarah itu punya berbagai pandangan dan punya berbagai sudut pandang dari berbagai sisi," tuturnya.

"Semoga teman-teman memahami niat gua selama ini. Gua mentransferkan atau menyampaikan orang-orang punya pemikiran yang menurut gua menarik dan berbeda," tambahnya.

Tonton juga video Polemik 'Galuh Brutal', Warga-Tokoh Minta Ridwan Saidi Sambangi Ciamis:

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2