Viral Kasus Penculikan di Bandung Barat, Polisi: Hoaks

Whisnu Pradana - detikNews
Minggu, 16 Feb 2020 14:58 WIB
Postingan yang mengabarkan penculikan di Bandung Barat
Postingan di facebook yang mengabarkan kasus penculikan di Bandung Barat (Foto: Whisnu Pradana/detikcom)
Bandung Barat -

Masyarakat dihebohkan dengan informasi mengenai adanya kasus penculikan di Desa Mekarwangi, Kecamatan Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat, yang disebar melalui facebook, sejak Jumat (14/2/2020).

Dalam postingan facebook tersebut berisi tulisan 'Desa Mekarwangi Kecamatan Sindang Kerta tos ka tewak Penculik. Hati-hati kanu gaduh murang kalih culik tos dugi ka Cibeber' (Desa Mekarwangi Kecamatan Sindang Kerta sudah tertangkap penculik. Hati-hati yang punya anak kecil culik sudah sampai Cibeber). Postingan itu juga dilengkapi dengan foto seseorang yang diduga penculik sedang diperiksa pihak berwenang.

Saat dikonfirmasi, Kapolsek Sindangkerta AKP Surahmat mengatakan bahwa informasi tersebut dipastikan hoaks dan sudah disampaikan ke perangkat desa untuk diinformasikan pada masyarakat.

"Informasi penculikan itu kami pastikan tidak benar atau hoaks. Karena kami tidak menerima laporan dari masyarakat," kata Surahmat saat dihubungi melalui sambungan telepon, Minggu (16/2/2020).

Menurut Surahmat, orang yang dianggap oleh warga sebagai penculik merupakan masyarakat biasa yang mengalami gangguan kejiwaan ringan.

"Dia sudah dipulangkan ke Bandung, karena mengaku keluarganya di sana. Jadi dia mungkin ke sini hanya berkunjung atau tersesat, karena informasinya kurang jelas juga dari yang bersangkutan. Tapi yang pasti sudah dikembalikan ke keluarganya," katanya.

Pihaknya meminta agar masyarakat yang menerima informasi dari media sosial atau sumber lain agar mengecek dahulu kebenarannya sebelum disebarluaskan kembali.

"Ini justru postingan di media sosial yang sebetulnya bikin gaduh, jadi banyak yang terprovokasi. Saring dulu informasinya sebelum disebarluaskan," tuturnya.

Untuk pengamanan terkait kasus penculikan yang isunya sedang santer belakangan ini, pihaknya mengimbau agar orangtua mengawasi anak dan warga melakukan patroli.

"Tentu harus diawali dari keluarga dulu pengawasan dan pengamanannya. Kalau ada yang mencurigakan, bisa laporkan ke pihak kepolisian agar langsung ditindaklanjuti," ujarnya.

Tonton juga video Ngaku Diculik, Siswi SMP di Makassar Ternyata Kabur Bareng Pacar:

[Gambas:Video 20detik]

(mso/mso)