Round-UP

Chep Hernawan Klaim WNI Eks ISIS Hidup Senang di Suriah-Tidak Ingin Pulang

Ismet Selamet - detikNews
Minggu, 16 Feb 2020 08:27 WIB
Eks Presiden ISIS Indonesia Chep Hernawan
Mantan Presiden ISIS Regional Indonesia Chep Hernawan (Foto: Ismet Selamet/detikcom)
Cianjur -

Eks Presiden Islamic State of Iraq and Suriah (ISIS) Regional Indonesia Chep Hermawan membuat berbagai pernyataan terkait polemik pemulangan Warga Negara Indonesia (WNI) eks ISIS. Dia menyebut WNI eks ISIS tidak ingin kembali pulang ke Indoensia. Selain itu Chep juga mengklaim para WNI eks pengikut ISIS itu hidup senang dan memiliki penghasilan yang besar selama berada di Suriah.

"Saya masih komunikasi, tapi tidak tiap hari. Dan mereka mengaku senang di sana, tidak ingin pulang. Penghasilannya besar, bisa kirim uang juga ke keluarga," ujar Chep, Sabtu (15/2/2020).

Menurut Chep, eks ISIS kini sudah menguasai kilang minyak usai Amerika pergi dari negeri berkonflik tersebut. Meski hasil kilang minyak itu dibagi antara pemerintahan Suriah dan ISIS, pundi uang yang didapat tetap besar.

"Jadi untuk pemerintahnya di sana 70 persen dan untuk ISIS 30 persen dari hasil kilang minyak itu. Makanya sejahtera," ucap Chep.

Bahkan, lanjut dia, para WNI eks ISIS bingung mencari penghasilan jika kembali di Tanah Air. Bagi mereka yang berpendidikan tinggi kemungkinan hanya mendapat pekerjaan dengan gaji paling besar RP 5 juta, dan untuk mereka yang tidak terlalu memiliki keterampilan mendapatkan gaji lebih kecil.

Sebab itu, Chep mengklaim, sekitar 700 WNI eks ISIS yang masih ada di Suriah merasa nyaman, betah, dan tidak kekurangan tempat tinggal atau penghasilan. "Kalau di sini misalnya ada yang jadi kuli bangunan, paling dapat penghasilan Rp 1,5 juta per bulan, yang sarjana atau insinyur paling besar Rp 5 juta," katanya.

"Tapi di sana (Suriah) paling kecil mereka bisa kirim Rp 25 juta per bulan, makanya tidak benar jika ada yang mau pulang," tutur Chep menambahkan.

Eks Presiden ISIS Indonesia Bicara Soal Kepulangan WNI Eks ISIS:

Selanjutnya
Halaman
1 2